pentingnya dongeng dan imajinasi

aa93618509e439a1d6267e0870b877d64897bda5

“Membaca itu penting”, sepertinya semua orang sepakat, tapi mungkin kita belum tentu paham kenapa dan sejauh mana pentingnya membaca. Lebih jauh lagi, apakah kita tahu bagaimana membangun minat dan kebiasaan anak-anak kita untuk membaca (lihat tautan ini: nyaho can tangtu ngarti…).

Maka menjadi menarik sitiran Albert Einstein di atas ini bahwa membaca buku dongeng adalah cara untuk membuat anak-anak kita cerdas. Semakin menarik karena kita semua mengenal Einstein sebagai man of science. Umumnya kita memahami bahwa supaya anak-anak cerdas, kita cenderung memilihkan buku-buku pengetahuan. Ada anggapan bahwa anak yang cerdas adalah anak yang banyak pengetahuannya. Di sisi lain, banyak juga dari kita yang berpikir, bahwa terlalu banyak berimajinasi itu tidak baik, kita khawatir anak-anak kita melamun dan banyak membayangkan hal-hal yang tidak nyata. Albert Einstein ternyata tidak berpikiran seperti itu – ia menekankan betapa pentingnya imajinasi secara spesifik melalui dongeng (fairy tales).

Imajinasi adalah kunci berkembangnya ilmu pengetahuan. Kita tidak akan pernah sampai ke bulan, kalau orang tidak berani berimajinasi terbang sampai ke bulan. Pesawat terbang tidak akan pernah diciptakan oleh Wright brothers kalau sebelumnya Leonardo da Vinci tidak akan pernah menciptakan temuannya yang membuktikan bahwa manusia bisa terbang. Orang-orang hebat, para inventor adalah manusia-manusia penuh imajinasi.

Sebuah ilustrasi lain, kita sering juga berpikir bahwa matematika adalah kerja otak kiri (logika), ternyata kerja otak manusia tidak sesederhana itu. Dari pengalaman kita di Semi Palar, kita semakin meyakini bahwa anak-anak yang matematikanya kuat adalah anak-anak yang imajinasinya kuat, di mana saat ia berhadapan dengan persoalan matematika ia bisa membayangkan di dalam kepalanya, bagaimana angka-angka tersebut terkait satu sama lain. Mana yang perlu dihitung lebih dahulu, mana yang dihitung kemudian… Imajinasi adalah sangat-sangat penting. Dalam dunia membaca, akhirnya, buku cerita, dan buku-buku dongeng adalah sangat-sangat penting bagi anak-anak kita…

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *