on father’s day

image

Di Semi Palar ada sesuatu yang tampaknya cukup unik. Yaitu keterlibatan ayah, bapak atau papa yang cukup besar di dalam proses pendidikan anak-anaknya bahkan di sekolah sehari-hari. Di banyak sekolah lain tidak banyak terlihat figur ayah yang betul-betul hadir, seakan ada pandangan bahwa urusan sekolah ada di tangan sang ibu. Ayah hanya bertugas mencari nafkah. Bagi kami di Semi Palar, kami tidak terlalu sependapat dengan hal ini karena kehadiran sosok ayah – yang betul betul hadir adalah sangat penting bagi proses tumbuh kembang seorang anak apalagi di era sekarang ini.

Khususnya bagi anak laki-laki di usia 7 hingga menjelang remaja, di sekitar usia 14 tahun, kehadiran figur ayah adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh sang anak. Sebaliknya bagi anak perempuan, sosok ayah yang melindungi dan mengayomi keluarganya adalah penting untuk membangun gambaran yang dibutuhkan anak saat ia dewasa nanti menemukan pasangan hidupnya.

Bagi proses tumbuh kembang anak yang utuh (holistik) figur ayah perlu betul betul hadir bukan sekedar seseorang yang mencari nafkah tapi juga berinteraksi dengan intens, memberikan cinta dan perhatian dan menjadi panutan bagi anak anaknya…

Di hari ini, hari ayah, semoga ini menjadi pengingat bagi kita semua, khususnya para ayah agar senantiasa membangun kesadaran dalam diri tentang pentingnya kehadiran ayah di dalam sebuah keluarga bagi anak-anaknya. Selamat hari ayah!

Tagged . Bookmark the permalink.

One Response to on father’s day

  1. arrysyakir says:

    Selamat hari ayah juga… sebagai calon ayah siaga (amin..hehehe), tak hanya siaga pada istri.. tapi saya salut pada sebagian banyak ayah2 Smipa yang setia merawat hidup anak-anaknya… tentu dengan SIAGA…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *