lebih mendalam tentang deeper learning

 deeper learning

Ini adalah satu dari berbagai kegiatan belajar para kakak di Semi Palar. Kegiatan rutin yang salah satu tujuannya adalah memecah rutinitas. Hmm… Sore ini contohnya, kita berbincang dan berusaha memperdalam pemahaman kita mengenai pembelajaran mendalam (Deeper Learning). Di Semi Palar salah satu acuan filosofis pembelajaran yang kita gunakan adalah kata-kata bijak dari Aki Muhidin [lihat tautan ini].

Sejalan dengan semangat Rumah Belajar, kegiatan serupa ini menjadi satu bagian penting dari proses kakak2 mewujudkan proses pembelajaran sehari-hari bersama anak-anak di kelas. Di sini kakak2 berusaha membagikan pengalaman, berbagi wawasan, menambah pengetahuan dan merangkum pemahaman dari kompleksnya proses pembelajaran holistik di kelas.

C360_2013-10-23-15-39-35-967

Hasilnya adalah sekumpulan besar kata kunci yang saling berhubungan mengenai apa yang dipahami kakak di dalam diskusi kelompok mengenai ‘Deeper Learning’. Setelah menuangkan hasil diskusinya, para kakak berusaha menemukan sebanyak mungkin keterkaitan antara berbagai hal yang muncul di atas lantai pendopo. Tanya jawab dan saling berbagi menutup hari belajar sore ini.

Sungguh sebuah proses yang tidak mudah – karena dahulu di sekolah maupun di kampus kita nyaris tidak diajak belajar untuk betul-betul mendalami sesuatu… Hari ini topik yang sama kita ulang kembali karena memahami dan menghayati sesuatu adalah proses refleksi yang tidak boleh berhenti dari seorang guru – terutama di Rumah Belajar Semi Palar. Proses ini tidak berhenti hari ini dan akan berlanjut di minggu depan. Di antaranya, kakak2 kembali mendampingi anak-anak dan berusaha menerapkan apa yang ditemukannya hari ini…

Tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to lebih mendalam tentang deeper learning

  1. kak danti says:

    woohoo.. seru sekali! keren! 🙂

  2. Amel says:

    Di semi palar bahkan kita belajar dari “lantai”. “Lantai Pendopo” membuat saya belajar. Bahwa ilmu bukan hanya datang dari tempat tertinggi.Excited!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *