jalan kaki ke sekolah


leukas 1013

 

Snap 2013-11-06 at 07.42.45

klik untuk membuka tautan ini

Sudah sejak beberapa waktu lalu Semi Palar menyelenggarakan Jalan Kaki ke Sekolah. Pada tahun-tahun pertama kegiatan ini hanya dilaksanakan satu tahun kali – sebagai bagian dari peringatan Hari Bumi. Sudah dua tahun belakangan ini kami menjadikannya kegiatan rutin satu bulan satu kali. Jalan kaki ke sekolah kami sebut LeuKaS (Leumpang ka Sakola). Walau tampak sederhana, kegiatan ini banyak sekali manfaatnya – seperti yang apa yang dituliskan di tautan di sebelah kiri ini.

Anak-anak yang terbiasa diantar jemput di dalam kendaraan, hanya duduk diam dan turun pada saat sampai di tujuan. Saat berjalan kaki, anak-anak dituntut untuk sadar lingkungan (aware terhadap situasi sekitar). Ia harus mengandalkan panca inderanya, penglihatan dan pendengarannya dan mengatur langkahnya, mencari pijakan yang baik, menyesuaikan dengan tinggi rendah jalur dan melompati rintangan. Saat dilakukan bersamaan di mana anak yang lebih besar menjaga yang lebih kecil, tentunya kemampuan sosialisasi dan kepekaan emosional anak juga semakin baik; yang besar harus menyesuaikan langkah kakinya terhadap anak yang lebih kecil serta harus ikut menjaga dan membantunya.

Belum lagi kita bicara tentang dampaknya bagi lingkungan hidup. Kalau dilakukan rutin bersama-sama berapa banyak emisi CO2 yang tidak dilepaskan ke atmosfir dan berapa banyak BBM yang tidak kita bakar, karena gerakan jalan kaki yang banyak sekali manfaatnya bagi kita.

Besar harapan banyak sekolah-sekolah di Bandung – dan di kota-kota lain yang mau mencoba dan melakukannya lebih rutin… Banyak sekali manfaatnya, dijamin!

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *