[serial kenapa] kenapa dongeng dan fiksi sangat penting bagi anak

 

wpid-PhotoGrid_1391699189746.jpgSejak digulirkan di tahun lalu, kegiatan rutin Jabawaskita (Jam Baca Wawasan, Kisah dan Cerita) sudah berjalan cukup panjang waktunya. Kegiatan ini – yang sebetulnya bukan sekedar membaca tapi ‘bersama-sama masuk ke negeri dongeng‘ – menjadi bagian penting dari rutinitas anak dan kakak di Semi Palar. Kegiatan ini rutin karena memang berulang satu minggu sekali. Walaupun begitu di luar apa yang terlihat secara kasat mata, kita berharap kegiatan ini justru jauh dari rutin karena dapat membawa anak-anak berkelana, berpetualang dalam dunia imajinasi mereka. Hal yang sangat-sangat penting dibangun dalam diri anak.

Selama ini kita banyak berpendapat bahwa pengetahuan adalah hal yang terpenting. Kita (orangtua) lebih suka anak yang punya banyak pengetahuan dan fakta dibandingkan anak yang sering berkhayal dan berimajinasi. Akibatnya, kita mulai meninggalkan dunia dongeng, buku-buku cerita, yang fiktif dan imajinatif… Saat ini kita lebih suka membelikan anak-anak kita buku-buku sains dan pengetahuan karena cepat membuat anak-anak kita menjadi pintar.

Kecenderungan itu muncul karena fakta dan pengetahuan adalah hal-hal yang terukur dan terlihat. Sebaliknya khayalan dan imajinasi adalah tidak nyata sehingga seakan tidak banyak manfaatnya. Kita sering lupa bahwa manusia tidak akan pernah terbang ke luar angkasa dan menginjakkan kakinya ke bulan kalau tidak ada yang berani membayangkan apa yang ada di permukaan bulan sana – benda yang setiap malam memberikan cahayanya bagi kita.

Dulu para penemu berpikir-pikir apakah manusia bisa terbang seperti burung? Apa yang ada di luar sana – di luar batas langit biru, apakah alam semesta kita ada batasnya? Hal-hal semacam itu… Kalau kita pikir lagi, khayalan-khayalan seperti itulah yang membimbing kita terus maju dalam inovasi teknologi, hingga dapat mewujudkan teleskop raksasa Hubble yang saat ini sedang menjelajah luar angkasa dan menerawang jauh ke dalam galaksi-galaksi, melihat apa yang di luar sana. Khayalan-khayalan itulah yang mampu membuat para ahli kedokteran masuk ke dunia tak terlihat untuk melihat bagaimana virus dan bakteri bekerja dan berkembang biak agar dapat menemukan teknologi pengobatan terbaru…

Jadi biarkan anak-anak kita berkelana dalam khayalan mereka. Agar nanti mereka juga dalam hidupnya nanti bisa berkelana jauh dan menemukan hal-hal baru yang saat ini belum ada, yang saat ini memang baru khayal belaka…

albert-einstein-quotes

 

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *