Earth Hour: kenapa kita perlu berpartisipasi di dalamnya?

 

sebarkan beritanya! ceritakan apa dan bagaimana Earth Hour! jadi bagian dari kolektivitas dan konektivitas seluruh dunia, ‘mengheningkan diri’ 60 menit saja bagi planet bumi rumah kita. ayo bersama ajak keluarga, teman, kerabat.

29 Maret 2014, jam 20.30 – 21.30
Matikan lampu dan barang2 elektronik !


lalu, setelah 1 jam, jadikan gaya hidup!

wpid-IMG-20140216-WA0000.jpg

kontingen kecil rumah belajar semi palar (Evan, kak Tema, kak Andy ditambah pak Reza yang memegang kamera) di kegiatan BIKE2PARK bersama komunitas sepeda bandung – kampanye earthhour 2014

Kampanye Earth Hour sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu. Rumah Belajar Semi Palar sejak beberapa tahun melibatkan diri ke dalam event ini, mengajak teman-teman Smipa dan keluarganya untuk berpartisipasi. Tahun ini Semi Palar sudah hampir pasti mengambil bagian dari even global ini.

Banyak yang bilang, even seperti ini hanya seremonial belaka. Memang bisa dipandang seperti itu, tapi kita juga bisa memandangnya secara berbeda. Itulah sebetulnya makna tanda [+] di belakang angka 60 dalam logo Earth Hour tersebut. Ada jargon : setelah satu jam, jadikan gaya hidup. Negara lain bilang “let’s go beyond the hour“. Di sinilah letak kuncinya. Saat kita meletakkan perhatian kita dan mematikan lampu dan peralatan listrik (switch off) selama 60 menit. Dari situlah kesadaran kita bertumpu. Kita bisa melakukan hal-hal kecil yang sederhana, dan lewat hal-hal kecil inilah perubahan dilakukan apabila jutaan orang lain di seluruh dunia ikut melakukannya.

Earth Hour secara simbolis ingin menegaskan bahwa kita bisa membuat perubahan dalam skala global dengan melakukan hal-hal kecil bersama-sama. Dalam skala global, satu jam tersebut telah mendorong umat manusia di muka planet bumi untuk terkoneksi satu sama lain dan juga dengan planet bumi – satu-satunya tempat tinggal kita. Dalam waktu 60 menit ini, begitu banyak umat manusia terhubung dalam sebuah kolektivitas yang (rasanya) tidak pernah terjadi sepanjang sejarah paradaban manusia untuk alasan lainnya. Jadi mari bergabung dan berpartisipasi. Matikan lampu, kita hening dan biarkan bumi kita beristirahat, hening, teduh, mulai dari satu jam yang kita sisihkan untuk planet bumi kita, untuk bumi kita, ibu pertiwi…

single mass action

Silakan follow akun twitter @EHIndonesia untuk mendapatkan informasi-informasinya.

Tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *