Liputan Pertemuan Orangtua: Conscious Parenting

Beberapa waktu lalu, para orangtua Semipalar mendapat kesempatan mendengarkan sesi berbagi dari salah seorang sahabat Smipa, Gobind Vashdev. Keteladanan orangtua di keseharian yang menjadi inspirasi hidup anak-anak, menjadi salah satu poin penting yang Gobind ingatkan pada orangtua. Tidak bisa dipungkiri, pola asuh orangtua kita dulu, sedikit banyak sangat mempengaruhi cara kita mengasuh anak—anak sekarang. Pengalaman buruk atau luka yang belum disembuhkan pada orangtua, akan tetap tersimpan di alam bawah sadar dan akan muncul dan berulang pada saat mendidik anak-anak kita. Demikian terus menerus, berulang lintas generasi. Orangtua perlu mengevaluasi dan ‘melihat ke dalam diri sendiri’, mengubah cara pandang, dan akhirnya bisa melihat anak sebagai pribadi utuh yang diciptakan Ilahi dengan kesempurnaan.

DSCF3269

 Kita ditunjuk sebagai orangtua karena Tuhan telah memilih kita untuk memberikan sesuatu yang lebih baik untuk generasi yang akan datang. Semua dari kita pasti memiliki ‘luka’ dan kita harus membereskannya sehingga nantinya kita tidak perlu menyalahkan anak ketika ia suatu saat melakukan suatu hal yg buruk

DSCF3246

Di akhir pertemuan, Gobind mengingatkan orangtua untuk benar-benar bisa mencintai anak dengan tindakan dan bukan sekadar kata atau kalimat yang terucap. Rasa dicintai dan mencintai yang anak peroleh dari lingkungan keluarga, gaungnya akan berdampak besar dan menular pada orang-orang di sekelilingnya. Salah satu yang bisa dilakukan namun acapkali menjadi sulit adalah ketika orangtua berinteraksi dengan anak. Saat berinteraksi tersebut, orangtua perlu menghadirikan diri penuh, tidak melulu membicarakan masa lalu atau masa depan, namun fokus di waktu sekarang. Di saat itulah anak-anak akan merasakan ketulusan cinta dari orangtuanya.

Masih banyak inspirasi yang Gobind bagikan, khususnya terkait dengan pendekatan, komunikasi dab pola asuh dalam mendidik anak-anak. Apabila ada rekan orangtua yang memerlukan rekaman audionya, silahkan diunduh di:

1. https://db.tt/R8WRkvne (bagian 1)

2. https://db.tt/OZZbfwLm (bagian 2)

Terimakasih Gobind sudah berbagi bersama kami…

Tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.