[salmon] perayaan hari bumi


Hari ini Hari Bumi diperingati secara sederhana di Semi Palar. Kebetulan teman-teman kelompok Orca (SD-6) sedang menjalani Latihan Ujian, sehingga semua yang berkegiatan di Semi Palar bersepakat untuk menjaga agar suasana cukup tenang agar teman-teman Orca bisa melakukan ujian dengan baik.

Seperti halnya setiap tanggal 22, hari kami buka dengan LeuKaS. Teman-teman berjalan kaki ke sekolah. Kegiatan yang sudah kami jadikan kegiatan rutin agar kita tetap ingat untuk menjaga dan menyayangi planet bumi kita dengan cara-cara yang sederhana. Walaupun tidak punya rancangan kegiatan yang khusus, kelompok Salmon punya cara yang unik untuk merayakan Hari Bumi. Kakak2 mengajak anak-anak di kelompok Salmon untuk memberikan hadiah khusus untuk Bumi. Rupa-rupa hadiahnya… Ada yang memberikan doa, puisi, maupun benda-benda lain yang dibawa dan diberikan kepada bumi kita, ibu kita, ibu pertiwi. Benda-benda yang dipilih harus datang dari alam, sehingga kita bisa menyadari begitu banyak alam (bumi kita) sudah memberikan begitu banyak buat kita. Hari ini kita mengembalikan hal-hal tersebut diiringi doa dan rasa syukur kita kepada bumi kita.

25228

hadiah/pemberian teman-teman Salmon untuk Ibu Pertiwi

Hari itu anak-anak satu demi satu berjalan mengikuti jalur yang sudah disiapkan, terbentuk dari kain merah dan putih, perlambang bumi Indonesia. Di tengah, ada tunggul pohon yang kita simbolisasikan sebagai pusat dan di sekitar tunggul tersebutlah kita tempatkan hadiah-hadiah kita. Suasana hening mengiringi kita saat melangkah perlahan dengan khidmat menuju ke pusat yang diimajinasikan sebagai perjalanan waktu – dengan membawa persembahan kita untuk bumi di tangan kita masing-masing. Setelah kita sampai di tengah, hadiah kita tempatkan di sana, dan kita mengheningkan cipta, mengucap syukur dan doa bagi bumi kita tercinta.

Tampaknya sangat sederhana, tapi kegiatan ini punya makna simbolis yang luar biasa, bagi kita yang mengikutinya. Memang harus diakui kita nyaris tidak pernah punya momen di mana kita memusatkan seluruh dari diri kita untuk ibu pertiwi, yang telah memungkinkan kita menjalani hidup di atasnya. Bahwa di antara tebaran milyaran bintang, planet dan galaksi, kita diberi tempat istimewa oleh Sang Pencipta di sebuah planet yang memungkinkan kita hidup di dalam rangkulannya.


hari bumi 2014

 

Terima kasih buat kak Caroline, kak Deta dan kak Amel yang sudah merancang kegiatan keren untuk ibu pertiwi. Terima kasih juga buat teman-teman kelompok Salmon yang sudah mengajak kakak2 dari kelompok lain untuk mengikuti kegiatan ini. Semoga ibu Pertiwi menerima ucapan salam dan rasa syukur kita untuknya…

Tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *