keran cuci tangan dan papan tanda tanya



image

Ada beberapa hal baru di Semi Palar. Salah satunya adalah yang kita sebut Papan Tanda Tanya. Papan ini kita buat untuk tempat kita saling belajar. Belajar hampir selalu bermula dari rasa ingin tahu; dari bertanya. Karenanya papan ini penting sekali buat kita di Semi Palar Selain di kelas bersama para kakak, setiap orang adalah guru kita. Kalau ada pertanyaan, mungkin teman2 kita, kakak dari kelompok lain atau siapapun yang ada di sekolah bisa membantu menemukan jawabannya.

Lalu apa hubungannya dengan keran cuci tangan? Sst… ada rahasia di keran sebelah kanan yang ada di dekat Papan Tanda Tanya. Apa rahasianya? Silakan temukan sendiri rahasianya. Pertanyaan tentang rahasia keran itu adalah salah satu pertanyaan tertempel di papan itu. 🙂 Sebetulnya ada sesuatu yang ingin disampaikan kepada kita semua di sekolah mengenai keran cuci tangan tadi. Bukan tentang pengetahuan atau fakta ilmiah yang istimewa, tapi tujuannya membangun kesadaran dan kepekaan terhadap hal-hal kecil di sekitar kita – yang sehari-hari mudah sekali kita lewatkan…

Jadi intinya, silakan ikut bertanya tentang apa saja melalui Papan Tanda Tanya. Syaratnya hanya satu nama kita harus tertera di atas kertas pertanyaan itu. Jadi kalau ada pertanyaan yang ingin kita bagikan atau ada jawaban yang kita punya untuk pertanyaan yang ada silakan tuliskan di atas kertas kecil dan tempelkan di Papan Tanda Tanya.

Selamat mencoba! Selamat bertanya dan selamat belajar!

catatan :
Pertama kali mendengar tentang anak2 yang bisa bertanya apa saja adalah kisah tentang kotak bertanya di Sekolah Mangunan (Jogja) yang didirikan oleh almarhum Romo Mangun. Kabarnya di setiap kelas ada sebuah kotak di mana setiap anak bebas menempatkan pertanyaan apapun ke dalam kotak itu. Setiap minggu kotak tersebut dibuka dan dibahas bersama oleh guru dan murid di kelas. Keren!
Beberapa waktu lalu Semi Palar juga mendapat kunjungan tim pengelola situs anakbertanya.com yang membuat kegiatan seru bersama teman-teman jenjang SD sehari penuh. Terinspirasi dari hal-hal tersebut, lahirlah apa yang kita sebut sebagai Papan Tanda Tanya… [aas]

Tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.