[naga laut] bermalam di Semi Palar


Kali ini giliran teman teman kelompok Naga Laut yang menginap di sekolah. Sore hari mereka datang dan segera mendirika tenda di lapangan rumput. Sekitar jam 16.30 sebuah angkot sudah menunggu di parkiran untuk membawa mereka ke Observatorium Boscha.

image   wpid-img-20140605-wa0024.jpg

Sayangnya langit tidak terlampau bersih. Tapi mereka sempat mendengar presentasi dan mengamati bulan melalui teropong bintang berukuran kecil di sana. Dari Boscha mereka kembali ke sekolah dan bermain di bawah sinar bulan. Makan malam dan api unggun dinyalakan dan tidak lama kemudian mereka bersiap untuk tidur. Setelah beberapa waktu suara tawa dan senda gurau mereka lenyap berganti suara jangkrik yang mengisi keheningan malam.

wpid-wp-1402023683888.jpeg

Bincang kami (kak Iden, kak Diki dan kak Dania) sambil menemani mereka berkisar pada bagaimana pengalaman-pengalaman seperti inilah yang akan menjadi hal-hal yang terekam dalam memori batin mereka dan ikut membentuk diri mereka hingga dewasa nanti. Paling tidak bagi kamipun para kakaknya, pengalaman serupa di masa kecil masih melekat erat di dalam jalinan memori kita masing-masing.

image

Mencatat apa yang diungkapkan kak Iden bahwa rangkaian tema tahun ini ternyata jadi sangat menarik: saat anak2 diajak berpetualang jauh ke tepian jagad raya untuk kemudian diajak menutup rangkaian pembelajaran dengan pulang ke rumah masing-masing – ka rorompok kadeudeuh. Menyadari keberadaan keluarga tercinta dan teman-teman terdekat. Kemudian malam ini mereka tidur dalam kemah bersama-sama di rumah belajar tempat mereka bermain belajar sehari hari. Mudah-mudahan sungguh jadi pengalaman batin yang melengkapi…

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan minggu babarengan – kegiatan penutup akhir semester di Semi Palar.

Tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *