siapa kakak kelompok kami?


siapa kakak

 

Jumpa lagi di Semi Palar! Hari ini hari pertama kegiatan teman-teman semua di Rumah Belajar Semi Palar. Selain keseruan bertemu teman-teman dan para kakak, setiap awal Tahun Pendidikan muncul pertanyaan besar :”Siapa kakak kelompok kami?”

Kita semua belum beranjak ke ruang kelas yang baru. Semua masih hadir di kelas yang terakhir ditinggalkan sebelum liburan peralihan tahun. Pagi masih diisi berbagi cerita dan pengalaman liburan dan diberi pengantar oleh kakak2 yang lama sebelum pindah ke kelas baru. Jadi selain pindah ke ruang kelas baru, anak-anak sibuk memindahkan locker dan perlengkapan berkegiatan, kakak juga harus menemukan jawaban : “Siapa kakak kami?”. Sebuah proses yang menarik diamati saat anak-anak mencoba memecahkan misteri ini, dan menemukan jawaban siapa yang akan menjadi pendamping mereka selama setahun ke depan. Berkutat dengan petunjuk (clue) dan sibuk bertanya kesana kemari siapa kakak kelompok mereka. Beberapa juga tampak cemas karena merasa belum kebagian kakak pendamping. Sampai akhirnya mereka bisa berkumpul bersama dalam lingkaran pertama bersama teman-teman dan kakak sebagai sebuah lingkaran yang padu, di mana mereka akan berproses bersama sehari-hari.

Agenda berikutnya adalah menemukan identitas kelompok. Tema nama kelompok tahun ini adalah rempah-rempah. Segera kita akan berkenalan dengan kelompok2 baru di Tahun Pendidikan ke 10 ini. Selamat berpetualang belajar.

Hal-hal kecil seperti ini sebetulnya sudah menjadi bagian dari proses belajar dan berpikir, di dalamnya sudah berjalan proses berpikir, berimajinasi dan berinteraksi. Belajar dengan demikian berjalan di berbagai kesempatan. Sampai jumpa di dalam cerita-cerita selanjutnya.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *