[bewara] selametan smipa TP10



photo (2)


Rekan-rekan semua, keluarga besar Semi Palar, sebagaimana banyak masyarakat tradisi Indonesia mengawali proses-proses penting dengan ritual Selametan, kitapun akan memulai rangkaian kegiatan Tahun Pendidikan ke 10 ini (TP10) – kita istilahkan Tahun Rempah, dengan selametan.

Berbeda dengan Taki-taki yang lebih fokus berbagi wawasan tentang tahapan, dan cara pendampingan dan gambaran program pembelajaran, Selametan adalah kesempatan kita untuk berbagi semangat kebersamaan, menjalin konektivitas dan saling bergandengan tangan untuk perjalanan satu tahun ke depan. Hal ini berlaku untuk kita semua, anak-anak, orangtua dan para kakak.

Di dalam Pembelajaran Holistik (belajar dari mas Fritjof Capra dalam bukunya The Hidden Connection) hal-hal yang tidak kasat mata seperti ini adalah komponen penting dari segala sesuatu di alam semesta ini – lihat juga tautan ini. Semacam perekat yang tidak terlihat; dan tentunya ini jadi penting juga untuk kita semua di Rumah Belajar Semi Palar. Kali ini, ayo kita juga membangun koneksi dengan kota tempat tinggal kita – kota kita tercinta Bandung.

Ayo kita nikmati bersama Selametan kali ini, semoga kita semua bisa mengaturkan untuk hadir sepenuhnya mem bawa semangat kebersamaan dan rasa syukur kita untuk Keluarga Besar Rumah Belajar Semi Palar. Atas anugerahNya kita memang dikumpulkan di sini, saat ini, bersama semua rekan kita, di Semi Palar, di Bandung.

Pengumuman dan konfirmasi keikut-sertaan silakan lihat di Buku Bintangku.

Sampai jumpa di Sabtu minggu depan 🙂

catatan penting : Kita akan mencoba menjadikan kegiatan kali ini kegiatan NirSampah (Zero Waste) – sebagai ungkapan rasa cinta kita untuk Bandung kota kita dan untuk alam semesta. Ayo kita upayakan tidak meninggalkan sampah anorganik apapun setelah kita berkegiatan. Hindari kemasan plastik, keluarkan wadah-wadah pakai ulang, jangan bawa botol air mineral, manfaatkan tas pakai ulang dan lain sebagainya. Segala upaya dan kerepotan kita adalah hadiah kita untuk Bandung, untuk alam lingkungan dan tentunya untuk kita sendiri.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *