[kakak belajar] makanan sehat & nirSampah



Sore ini kembali hadir kegiatan belajar buat kakak seperti yang kita kenal dengan istilah reboan. Rebo siang menuju sore ini kakak2 smipa memulai kegiatan dengan botram makanan sehat dan bebas kemasan plastik. Bertempat di LongLas (kolong kelas) kita mencoba belajar memahami apa yang terjadi dengan proses penyediaan makanan di era modern ini. Saat ini saat segala sesuatu yang serba modern masuk ke pola kehidupan kita, demikian pula makanan dari alam sampai ke atas piring dan kita konsumsi setelah masuk menjadi rantai industri. Rantai industri ini yang ternyata banyak sekali menghilangkan / mengeliminasi berbagai kebaikan – terutama nutrisi dan menggantikannya dengan banyak hal lain yang sebetulnya tidak dibutuhkan oleh tubuh kita – di antaranya adalah pengawet, perasa, pewarna dan lain sebagainya.

wpid-c360_2014-09-24-15-09-38-840.jpg

Hari ini kita menyaksikan bagaimana (disengaja atau tidak) proses yang sebetulnya terjadi di balik penyediaan bahan-bahan makanan yang saat ini kita beli di super market. Proses yang tidak banyak diungkap / diketahui banyak orang karena kalau kita tahu, kemungkinan besar kita tidak ingin membeli / makan produk-produk tersebut. Di bawah ini adalah trailer filem Food.inc yang kita lanjutkan disambung dengan penggalan filem Food Matters.

wpid-c360_2014-09-24-15-12-43-268.jpg

Teramati dari ekspresi para kakak saat mengamati filem ini, bagaimana banyak sekali hal mengerikan yang kita tidak ketahui (dan tidak kita kehendaki) yang telah masuk ke dalam proses produksi pangan kita. Manusia modern yang sudah bergeser menjadi masyarakat konsumtif (tidak lagi memproduksi makanannya sendiri) sudah menjadi sangat berjarak dengan saat pangan kita diproduksi. Kita sudah tidak tahu lagi bagaimana makanan-makanan kita diproses sejak mulai pembenihan sampai waktunya kita beli di toko-toko yang menjualnya. Filem ini akan membangkitkan kesadaran kita dan membuat kita lebih berhati-hati – atau lebih bijak lagi mengubah bagaimana cara kita menyediakan pangan bagi tubuh kita yang sangat berharga ini.

Kenapa tema ini diangkat, salah satunya adalah untuk menindak-lanjuti gerakan menuju Smipa nirSampah yang kemudian dibicarakan dalam forum Kumpul Selop Smipa bersama perwakilan semua kelompok. Kemudian ini juga dikaitkan dengan penataan ulang pengelolaan kantin Semi Palar agar segala sesuatu berjalan selaras dengan gerakan yang ingin dibangun bersama di setiap lingkungan pendidikan anak-anak kita – di dalam maupun di luar kelas, di dalam maupun di luar kegiatan belajar.


 

“Let thy Food be thy Medicine and thy Medicine be thy Food.” –Hippocrates

Di bawah ini filem terakhir yang kita bersama-sama tonton, The Story of Stuff oleh Any Leonard

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *