[serial kenapa] kenapa di smipa anak-anak berkegiatan tanpa alas kaki?

DSCF7692Di Semi Palar, teman-teman berangkat ke sekolah tanpa diharuskan memakai alas kaki tertentu seperti sepatu. Tentunya jadi pemandangan yang biasa di mana anak-anak Semi Palar berkeliaran di sekolah bertelanjang kaki. Sementara di sekolah lain, biasanya anak-anak diwajibkan memakai sepatu yang paling tidak seragam berwarna hitam, dan berkaos kaki putih.

Hal ini kerap jadi perhatian dan menimbulkan pertanyaan beberapa rekan yang berkunjung ke Semi Palar. Lalu apa sebetulnya yang menjadi pertimbangan mengenai hal ini. Pertama-tama sesuai konsep Pembelajaran Semi Palar adalah bagaimana kita berinteraksi dengan alam. Alam tidak dapat dipisahkan dari manusia, sebaliknya manusia adalah bagian dari alam. Bersentuhan langsung dengan alam adalah bagian penting dari komunikasi batin antara manusia dan ‘ibu’nya; di mana kita kenal istilah ibu pertiwi atau orang barat menyebut bumi sebagaimother earth.

Dari sudut pandang tumbuh kembang anak, perkembangan syaraf anak sangat bergantung pada rangsangan pada berbagai bagian tubuh anak selama proses pertumbuhannya. Ini berlaku di seluruh anggota tubuh kita terutama di telapak kaki, karena seluruh organ penting tubuh kita dapat terhubungkan oleh syaraf sampai ke telapak kaki kita. Sebuah penelitian di Jerman memperlihatkan bahwa anak-anak yang sewaktu kecil kurang mengalami rangsangan terutama di telapak kakinya, saat menjelang remaja tubuhnya memunculkan kebutuhan akan rangsangan yang kuat sehingga anak mudah lari ke hal-hal seperti obat-obatan, kebut-kebutan, perkelahian atau tawuran dan lain sebagainya untuk memenuhi kebutuhannya akan rangsangan yang kuat tersebut. Adalah sangat penting sewaktu kecil telapak kaki anak banyak bersentuhan dengan berbagai tekstur permukaan tanah : rumput, pasir, tanah, lumpur, batu, kayu dan lain sebagainya…

Kita juga tahu bahwa salah satu ilmu kesehatan yang datang dari negeri Cina seperti yang kita kenal dengan pijat Refleksi berprinsip bahwa setiap organ penting dalam tubuh kita terkoneksi melalui jaringan syaraf dengan bagian-bagian telapak kaki kita.

Untuk kita semua, dari sisi kesehatan, tubuh manusia memang sangat membutuhkan kontak langsung dengan alam – apalagi manusia modern yang banyak bersentuhan dengan peralatan elektronik. Hal ini diistilahkan dengan Earthing yang informasinya ada di bawah ini.

9e4985ddb1b594c59aa4b14e37dc10e15620ef11

Bookmark the permalink.

One Response to [serial kenapa] kenapa di smipa anak-anak berkegiatan tanpa alas kaki?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *