[kapulaga] tamu sahabat dunia

 

P_20140929_095207.jpgP_20140929_115858.jpg

Catatan kak Arry

Di pembuka tema ini, kelompok Kapulaga yang juga berperan sebagai pasukan perdamaian menerima kunjungan delegasi dari Australia dan Polandia. Setelah satu tema belajar tentang ke-Indonesia-an lewat rempah-rempah dan kebudayaannya, kali ini mereka akan berpetualang menelusuri sudut benua-benua di dunia. Kate Snailham dan Martin Koszolko adalah sahabat baru mereka yang berbagi tentang benua Australia dan Eropa khususnya negara masing-masing. Lewat perkenalan tersebut mereka seolah membuka ruang koneksi untuk mempelajari materi-materi tema ini yang banyak mengenai pengolah informasi dunia internasional.

Diawali dengan pengenalan ikon yang ada di negaranya, Australia, yang dibagikan oleh Kate, anak-anak cukup tahu beberapa fakta tentang Australia. Kate juga berbagi perihal seluk beluk negaranya mulai dari sistem pemerintahan, binatang2 yang mirip dengan beberapa wilayah Indonesia hingga ke bagian penting tentang persahabatan Indonesia dan Australia. Tak hanya itu, Kate pun berbagi tentang keluarganya, hobinya hingga kegiatan selama di Indonesia. Kate menceritakan skripsinya tentang perdamaian di Timur Tengah karena ia sedang mengambil kuliah jurusan Hubungan Internasional.

Bagaimana dengan Martin? Polandia memang tak banyak yang mereka tahu informasinya. Namun saat ia bertanya soal pemain sepakbola bernama Robert Lewandowsky, anak2 putra sontak mengenalinya.
Martin juga diluar dugaan, saat melakukan game menebak nama kota kelahirannya, Martin banyak membahas fakta2 tempat di Eropa. Termasuk European Union, yang setiap anggotanya bebas ke negara lain tanpa visa. Anak-anak semakin penasaran tentang Eropa dan Australia dan diskusi berjalan dengan sangat mengesankan. Mereka juga mengajak keduanya sahabat barunya untuk bermain. Namun, hanya Kate yang masih ingin lama-lama di sekolah dan bermain bersama. Terima kasih sahabat, semoga menginspirasi.

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *