[kunjungan] guru2 SDKE Mangunan, Jogja

 

wpid-c360_2014-11-24-12-00-42-247.jpg

Setelah berkesempatan kunjungan ke Jogja dan mampir ke SD (lengkapnya SDKE : Sekolah Dasar Kanisius Eksperimental) Mangunan, dan menerima kunjungan balasan dari kepala sekolah dan beberapa guru SD Mangunan, hari ini 17 rekan guru TK dan SD Mangunan bersama Romo Mulyatno – dari Yayasan DED (Dinamika Edukasi Dasar) berkunjung lagi ke Semi Palar. Kegiatan hari ini adalah observasi di kelas dan juga bincang2 untuk pengembangan pembelajaran di SD Mangunan. Mengutip kata-kata Romo Mul yang berkesan buat saya bahwa kita harus senantiasa membaca ulang situasi karena perubahan tidak pernah berhenti terjadi. Dalam pandangan Romo Mangun, ‘sistem’ adalah sesuatu yang sangat perlu diwaspadai karena apa yang disebut sistem sangat berpotensi menjebak kita ke dalam sesuatu yang tetap, kaku dan statis. Di Semi Palarpun hal ini semakin diyakini, karena semakin kini, semakin kami meyakini bahwa segala sesuatu yang diolah di Semi Palar tidak akan pernah final sifatnya; segala konsep dan rancangan akan selalu draft statusnya :). Seperti kata-kata bijak : di bawah ini, There is Nothing Permanent except Change

change-is-permanent

 

Pendidikan PemerdekaanTentunya sangat menyenangkan untuk jumpa dan berbincang dengan rekan-rekan pendidik yang kita kenal sudah sejak awal memiliki visi pendidikan yang memerdekakan dan memanusiakan. Sejak awal, pemikiran2 Romo Mangun memang sudah menginspirasi dan mewarnai bagaimana Semi Palar berupaya mengelola proses pembelajarannya. Salah satu buku almarhum Romo Mangun : Pendidikan Pemerdekaan menjadi acuan kami untuk mengelola pendidikan dalam sudut pandang yang holistik.

Jadi kunjungan ini berperan membangun koneksi – menjalin interaksi Bandung dan Jogja. Harapannya ini baru kunjungan pendahuluan, kamipun akan segera merancang kunjungan balasan. Semoga selanjutnya, bersama kita bisa saling menginspirasi, bertukar pengalaman dan pembelajaran. Tujuan akhirnya adalah untuk proses pendidikan anak-anak kita semua.

Salam Pendidikan.

Tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *