orangtua ‘masuk kelas’

Memasuki semester baru dan awal tahun 2015, salah satu poin evaluasi kakak-kakak Semipalar adalah terkait kerjasama antar sekolah dan rumah, sebagai salah satu kunci keberhasilan dari pendidikan holistik. Sebagai fasilitator, kakak-kakak terus belajar  dan mengupayakan diri agar  kerjasama termasuk juga komunikasi dengan orangtua menjadi satu olahan bersama yang terus bergulir. Di sisi lain, kesamaan visi dan keselarasan pendampingan anak, baik di rumah maupun di sekolah menjadi hal mendasar yang perlu dipahami dan dijalankan.

Terkait kerjasama tersebut, salah satu strategi yang coba dijalankan  dan akan diupayakan dapat berjalan secara rutin adalah kegiatan orangtua ‘masuk kelas’. Orangtua berperan menjadi nara sumber di kelas terkait satu hantaran materi yang sedang diolah di tema tersebut.  Harapannya, orangtua tidak hanya berkesempatan membagikan pengetahuan serta informasi yang dimiliki, tapi juga  memfasilitasi anak dalam mengolah satu materi pembelajaran di kelas.  Lebih lanjut, orangtua pun dapat membaca situasi  anak-anak di kelas, baik terkait kemampuan mengolah materi, interaksi sosial, maupun dinamika secara keseluruhan di kelas. Dari kesempatan ini,  orangtua dapat melihat lebih dekat situasi pembelajaran di kelas dan lebih mengenali peran dan fungsi fasilitor yang dijalankan kakak. Di sisi lain, melalui komunikasi terbuka, kakak dapat memahami sudut pandang orangtua tentang kegiatan yang berjalan di kelas dan menjadi ruang diskusi bersama.

Beberapa rekaman kegiatan orangtua masuk kelas di awal semester ini:

P_20150305_132327_HDRbelajar pembuatan story board film, Kel. Bunga Lawang – K7
20150223_103621menghias pot bunga, Kel. Kunyit – SD 2

P1150732

belajar membuat buku, Kel. Lada Hitam – SD 1

20150216_144952

membahas karya sketsa, Kel. Andaliman – K8

Pada akhirnya, apabila berjalan baik, kegiatan orangtua ‘masuk kelas’ ini tidak saja hanya memperkaya sumber pembelajaran tapi juga mengutuhkan proses belajar anak.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.