perencanaan pembelajaran TP12

 

Sebelum rangkaian kegiatan pembelajaran dimulai, persiapan pembelajaran digelar, supaya perencanaan terolah dengan baik, orientasi pembelajaran, hal-hal yang jadi titik perhatian kita dan kemana kita mau bergerak di TP12 ini.

This slideshow requires JavaScript.


Sesi pertama kegiatan untuk tim smipa kita sebut Taki-taki Kita-kita. Ditujukan untuk menyelaraskan arah (orientasi) dari rangkaian pembelajaran yang akan digulirkan di TP12. Taki-taki kali ini dirancang sebagai kelanjutan Taki-taki TP11 – di mana Semi Palar mencanangkan bahwa visi besar Rumah Belajar Semi Palar adalah menuju Kehidupan yang Berkesadaran. Di awal TP11, kami memutarkan beberapa filem pendek yang jadi inspirasi tentang kehidupan yang baik, yang berbasiskan kesadaran. Kehidupan di mana kita sadar betul dampak-dampak yang kita timbulkan dari segala tindakan kita, dan bagaimana kita sejauh mungkin mengurangi keburukan yang bisa kita timbulkan – karena kita sadar bahwa segala sesuatu terkoneksi dan saling memengaruhi.

Di TP12 ini kita bergerak maju mencari hal-hal nyata yang bisa kita lakukan – dan sedikit sedikit sudah kita coba terapkan melalui LeuKaS, SiTuBaCang, juga Pasar Ramadhan dan lain sebagainya. Seperti diungkap Satish Kumar, sudah banyak inisiatif nyata yang dilakukan di berbagai negara. Berangkat dari kesadaran tentang peri-kehidupan kita sehari-hari, mulai dari perilaku konsumsi, sistem ekonomi, pandangan hidup kita tentang barang dan kepemilikan, pilihan makanan kita dan lain sebagainya. Hampir semua hal perlu kita tinjau ulang. Hal ini perlu jadi langkah bersama karena masa depan planet bumi – tempat hidup anak-anak kita – sangat bergantung pada apa yang kita lakukan hari ini.

Taki-taki diisi refleksi individu, diskusi kelompok maupun lintas jenjang. Kakak-kakak juga diajak menuliskan tangkapan / pemahaman / komitmen individu terhadap apa yang dicermati dari filem-filem yang diputarkan. Di bawah ini adalah playlist video pendek yang akan jadi bahan olahan kita di TP12 ini.



Di Taki-taki ini kita merancang hal-hal apa yang bisa kita lakukan secara kolektif di komunitas Semi Palar. Tentunya dengan melibatkan orangtua dan keluarga di rumah.

Langkah lanjut perencanaan pembelajaran, kakak2 melangkah ke tahap lanjut merancang tematik pembelajaran, memetakan komponen2 SK-KD ke dalam tema-tema pembelajaran, merancang alur / skenario pembelajaran, menyusun berbagai mind-map yang memetakan bidang studi, sasaran aspek holistik dan gagasan kegiatan, sebelum menata gagasan-gagasan tersebut ke dalam rangkaian kegiatan tema demi tema, minggu ke minggu, hari ke hari sejak anak-anak hadir pagi hari di sekolah sampai mereka kembali ke rumah masing-masing.

Kesemuanya sedapat mungkin dirancang terkait satu sama lain dalam satu rangkaian yang terkoneksi dan saling berkesinambungan. Kakak-kakak tidak lupa juga merancang kegiatan lintas jenjang yang membangun konektivitas antar kelompok. Hal ini juga menuntut kakak untuk berkoordinasi, supaya prinsip2 pembelajaran Holistik – bahwa segala sesuatu terkoneksi sekuat mungkin dapat dijaga.

Sampai posting ini dituliskan, proses ini masih berjalan. Tulisan ini disusun untuk memberikan gambaran proses yang perlu dijalani sebelum pembelajaran di kelas digulirkan. Bagi para kakak smipa, para fasilitator pembelajaran, proses ini adalah proses awal di mana kakak-kakak meletakkan proses yang akan berjalan dalam olahan imajinasi mereka – sebelum kakak-kakak mengajak anak-anak melangkah dalam proses pembelajaran sehari-hari dari tema ke tema. Selamat berpetualang!

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *