[kakapo] Nyaba Lingkung

SUBTEMA: SEL

Pada hari Selasa, 23 Agustus 2016, teman-teman Kelompok Kakapo melaksanakan kegiatan belajar luar ruangan yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan belajar guna melengkapi sasaran belajar di subtema pertama Sel di kelas 7. Kegiatan ini kami beri nama “Nyaba Lingkung”, dengan dasar pertimbangan kata “Nyaba” merupakan bagian dari program utama di kelas 7 (Nyaba Lembur), sehingga teman-teman Kakapo diharapkan dapat semakin penasaran dan antusias mempersiapkan diri untuk melakukan program utama tersebut. Seluruh kegiatan belajar luar ruangan di kelas 7 akan selalu kami namakan dengan awalan kata “Nyaba”, untuk membedakan dengan program utama “Perjalanan…” di kelas 8 atau program utama “Ekspedisi…” di kelas 9.

Dalam subtema Sel teman-teman Kakapo kami ajak untuk dapat mengasah kepekaan inderanya guna membantu mereka agar dapat semakin mengenali diri mereka masing-masing. Setelah kepekaan terhadap diri masing-masing mulai meningkat, teman-teman Kakapo juga kami ajak untuk memahami bahwa diri mereka juga terbentuk akibat dari pengaruh lingkungan di sekitar mereka; keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan rumah tempat tinggal.

Dipadukan dengan (terutama) bidang studi IPS, teman-teman Kakapo kami ajak untuk bertualang, mengenali lingkungan sekitar sekolah, lewat panduan aktivitas (LKS) yang mereka rancang sendiri – meski konten utamanya merupakan arahan dari kakak.

Dibagi menjadi empat kelompok kecil, teman-teman Kakapo diminta untuk menjelajahi lingkungan RW yang menjadi kesatuan wiilayah tempat lokasi bangunan sekolah berada. Konten LKS terdiri atas pengamatan penginderaan (minimal 5 tempat menarik, dengan tangkapan detil dari setiap indera), wawancara warga, serta membuat denah RW. Teman-teman Kakapo memulai kegiatan dengan inisiatif berdiskusi membagi empat kelompok tersebut berpencar ke empat arah mata angin yang berbeda, agar penjelajahan wilayah, pengumpulan informasi, serta pengamatan, untuk kemudian dikompilasi datanya menjelang akhir kegiatan, sehingga pengerjaan LKS dapat berjalan dengan efektif.

nyaba_lingkung_-_agustus-01

Catatan proses: Kak Koben

Tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.