[okapi] Bertumbuh bersama Semesta Taman Bagus Rangin

Setiap hari Selasa, KPB mendapat kesempatan untuk belajar mata pelajaran SMA bersama Ibu Tini dari komunitas GSSI (Generasi Semangat Selalu Ikhlas), sekaligus mengeksplorasi hal-hal lain yang dapat dipelajari maupun dikontribusikan oleh KPB kepada masyarakat sekitar Taman Bagus Rangin

Suasana dan setting belajar KPB di taman bagus rangin adalah gambaran ideal mengenai petualangan belajar. Di tengah taman yang rimbun dan sejuk, sekelompok anak jenjang KPB sedang asik menyimak pelajaran matematika dari Ibu Tini, nampak anak-anak berusaha sungguh-sungguh memahami pelajaran sambil bekerjasama dan berbagi pengetahuan.  Di sisi lain taman, anak-anak KPB yang lain nampak sedang melakukan aktivitas mendongeng bagi adik-adik TK di sekitar taman bagus rangin. Mereka sedang menunggu giliran belajar matematika.  Selain belajar matematika dan mendongeng, ada juga aktivitas lain seperti membuat dinding media tanam, belajar origami, membuat cerita bergambar dan lain sebagainya.

Selain mendapat kesempatan belajar “gratis” di taman bagus rangin bersama Ibu Tini, KPB juga mendapat kesempatan untuk turut belajar dan mendukung pengembangan pengelolaan sampah warga Cibunut melalui project pembuatan video, buku dan infografis yang dilakukan oleh jenjang K11.

Olahan spesifik taman bagus rangin:  (1) Kepala: olah pelajaran untuk persiapan ujian, sekaligus variasi aplikasi mata pelajaran dalam kehidupan sehari-hari  (2) Tangan: olah keterampilan berkontribusi langsung kepada masyarakat melalui kegiatan mendongeng, bermain bersama anak, mendata buku, belajar origami, dan lain sebagainya  (3) hati: membangun relasi bersama masyarakat sekitar taman,  ngajedog setiap pagi untuk mencerap dan menghayati kehidupan di taman bagus rangin.

taman_bagus_rangin_6 taman_bagus_rangin_5 taman_bagus_rangin_4 taman_bagus_rangin_3 taman_bagus_rangin_1

catatan proses: kak agni, foto: kak leo 

 

Tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *