[quagga] Sekantung Biji dari Kebon Sisi Leuweung

19 September 2016

Pasukan Quagga mendapat sekantung biji-bijian dari Bu Tani sebagai tanda perkenalan. Ini biji tanaman apa ya? Bagaimana cara menanamnya? Satu per satu teman-teman Quagga mengamati biji-bijian itu.

Ya, biji-bijian itu adalah kacang hijau! Lalu bagaimana cara menanamnya? Teman-teman Quagga lalu berdiskusi untuk mencari cara menanam biji kacang hijau itu. Mereka pun sepakat memulai menanamnya dalam sebuah botol berisi kapas yang basah. Dan setiap orang akan merawat 5 biji kacang hijau. “Jadi seperti apa ya tanaman ini nantinya?” tanya salah satu teman Quagga. “Bagaimana kalau kita amati setiap hari teman-teman?” usul Kakak menyambut pertanyaan tersebut. Mereka sepakat dan malah sangat bersemangat dengan usul itu. Masing-masing kemudian membuat buku pengamatan sederhana dari kertas dan alat mewarnai.

Senangnya Pasukan Quagga saat melihat tanamannya mulai tumbuh, mulai berakar, dan semakin tinggi. Beberapa hari kemudian, salah seorang teman memberitahu keadaan tanamannya, “Tuh, lihat! punyaku udah jadi toge!” sambil memperlihatkannya pada teman-teman yg lain. “Yang aku udah ada daunnya!”  “Punyaku tinggi banget! kayak mau keluar dari gelasnya.” Mereka sangat antusias melihat pertumbuhan tanaman kacang hijaunya. Bukan hanya merawat dan mengamati, teman-teman Quagga pun belajar membandingkan tinggi-rendah tanamannya. Ya, ternyata mereka juga bisa belajar matematika dari tanaman kacang hijau ini. Membandingkan dari yang tertinggi sampai yang terendah, atau sebaliknya. Selain itu, mereka pun belajar penjumlahan dan pengurangan dari kacang hijau yang tumbuh pada tiap gelas.

Seru sekali! Semangat terus ya, Pasukan Quagga yang hebat!

quagga_1-1 quagga_2-1

catatan proses: Kak Novi

Tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *