[ibex] Permainan Papan: Harta Tersembunyi Pulau Perak

Subtema pertama bagi Kelompok Pyrenean Ibex berjudul “Harta Tersembumyi Pulau Perak”, mereka mencari tahu tentang kekayaan alam dan budaya yang ada di Pulau Jawa. Begitu banyak informasi yang mereka dapatkan, tentang wayang, legenda, peninggalan bersejarah berupa candi-candi dan bangunan arsitektur, ragam kuliner, tarian, ragam hias tradisional. Proyek tematik Kelompok Pyrenean Ibex adalah menerapkan konsep belajar sambil bermain melalui pembuatan proyek permainan papan yang bertujuan berbagi pengetahuan mereka tentang kekayaan Pulau Jawa. Inilah kisah perjalanan proyek unik mereka, Bidak-bidak Unik dari Jawa.

Teman-teman Kelompok Pyrenean Ibex mengawali proyek tematik dengan melakukan riset tentang kekayaan Pulau Jawa. Mereka memanfaatkan media cetak dan elektronik untuk mendapatkan informasi sesuai dengan tema yang mereka sukai dan tema yang ditugaskan. Hasil riset mereka tentang ragam budaya, kekayaan alam dan lingkungan mereka tuangkan dalam rancangan permainan papan. Melalui permainan papan ini, Kelompok Pyrenean Ibex ingin berbagi pengetahuan dengan cara yang unik dan berbeda.

Proses rancangan permainan papan cukup alot, terutama pada saat penentuan konsep permainan papan yang akan direalisasikan oleh setiap kelompok kecil. Teman-teman Kelompok Pyrenean Ibex juga mengeksplorasi berbagai jenis permainan, mulai dari yang sangat umum dimainkan (ular tangga, monopoli, UNO) hingga yang unik (Mat Goceng, Dixit, Pagelaran Jogja, Fluch der Mumie, Shadow Over Camelot). Pengayaan wawasan oleh tim dari Kummara (Kan Andre Dubari dan Kak Isa Rachmad Akbar) sangat membantu teman-teman Kelompok Pyrenean Ibex dalam membuat prototip permainan papan mereka. Tim Kummara mengajak untuk memperhatikan pesan yang akan disampaikan lewat permainan yang dirancang, unsur replayability yang menjadikan permainan seru untuk dimainkan berkali-kali. Diskusi lanjutan dengan tim Kummara untuk setiap rancangan sangat bermanfaat untuk tahapan proses ini. Di minggu berikutnya, berbagai komponen permainan papan dan buku panduan pun mulai dibuat sehingga uji coba bisa dilakukan. Mereka bergantian mencoba bermain dan memberi masukan untuk permainan-permainan tersebut.

sep_-_proses_gameboard

Permainan papan Kelompok Pyrenean Ibex sudah setengah jadi, tapi sudah siap untuk diujicoba. Maka mereka mengundang teman-teman Smipa dari berbagai jenjang untuk bermain bersama. Hari Bermain ini dibagi menjadi dua sesi (hari Kamis, tanggal 8 dan 15 September), sehingga memberi keleluasaan bagi teman-teman dari jenjang lain untuk menikmati permainan-permainan tersebut. Lokasi bermain pun divariasikan, satu kali di Longlas, dan satu kali di pendopo. Setiap permainan papan mengundang peminat dari jenjang yang berbeda. Permainan papan bertema candi, dengan balok-balok yang bisa disusun, menarik bagi teman-teman dari jenjang KB, TK, dan SD kecil. Sementara permainan papan bertema kuliner, wayang dan flora-fauna menarik bagi teman-teman SD besar. Banyak masukan menarik yang diberikan oleh para pemain untuk evaluasi dan perbaikan permainan papan Kelompok Pyrenean Ibex. Bahkan ada pemain yang mengusulkan agar permainan papan Kelompok Pyrenean Ibex diproduksi.

sep_-_playday_smipa_1

sep_-_playday_smipa_2

Permainan papan teman-teman Kelompok Pyrenean Ibex yang bertema kekayaan alam dan budaya Jawa sudah hampir rampung. Pada hari Senin, tanggal 19 September 2016, mereka mendapatkan kesempatan untuk mengujicoba permainan papan mereka di sekolah yang bertetangga sangat dekat dengan Sekolah Semi Palar. Antusiasme teman-teman dari SD Caringin sangat besar, mereka mengerumuni para pencipta permainan papan. Teman-teman kecil itu tak sabar untuk mencoba berbagai permainan seru yang disuguhkan Kelompok Pyrenean Ibex. Kurang lebih 200 anak ikut bermain dengan asyik. Kegiatan terbagi menjadi tiga sesi, masing-masing berlangsung selama satu jam (untuk jenjang SD4, 5, dan 6). Sorak-sorak terdengar dari setiap kelompok pada saat ada yang berhasil menyelesaikan tantangan permainan papan. Para guru SD Caringin juga semangat mengikuti kegiatan yang unik ini. Kelelahan tersirat di wajah teman-teman Kelompok Pyrenean Ibex yang terus berbagi pengetahuan dan keseruan. Saat berpamitan dengan Ibu Kepala Sekolah SD Caringin, ia berucap, “Terima kasih ya sudah berbagi dengan anak-anak di sini, kapan akan main lagi?” Pengalaman baru ini pastilah akan menjadi kenangan bagi para teman-teman dari kedua sekolah. Proses pembuatan proyek kemudian ditutup dengan presentasi akhir sebagai bentuk penceritaan rangkaian proses dan hasil pencapaian setiap kelompok, juga untuk berbagi pengetahuan spesifik olahan mereka pada teman-teman sekelas dan beberapa kakak dari Lingkung yang diundang untuk hadir dan memberi masukan pamungkas. Permainan papan hasil Kelompok Pyrenean Ibex berjudul “Sugeng Dahar” dengan tema kuliner, “Punakawan” dengan tema wayang dan aksara Jawa, “Florauna Jawa” dengan tema flora fauna Jawa, dan “Candi Builder” yang bertema candi. Adakah yang berminat mencoba bermain sambil menambah wawasan? Silakan mampir ke kelas kami.

sep_-_playday_caringin

Catatan proses: Kak Caroline

Tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *