[ibex] Perjalanan Kecil Sukajadi

Hari Kamis, 6 Oktober 2016
Kelompok Pyrenean Ibex melakukan perjalanan kecil di lingkungan sekitar sekolah untuk mencari tahu lebih jauh tentang bentuk-bentuk pembangunan berkelanjutan yang sudah dijalankan oleh masyarakat. Mereka mengunjungi Kantor Kecamatan Sukajadi yang telah menjadi eco-office, kantor yang mengusung sikap ramah lingkungan sesuai dengan program yang dicanangkan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Berbagai perwujudan sikap ramah lingkungan terlihat di kantor tersebut, antara lain adanya lubang biopori, sumur resapan air, vertical garden, pembuatan kompos, pembiasaan untuk penggunaan ‘tumbler’ dan tas belanja kain oleh semua karyawan. Selain itu, teman-teman Kelompok Pyrenean Ibex juga mengamati pola hidup masyarakat di RW 04 (daerah paling dekat dengan sekolah) dan penduduk di sekitar Sungai Djunjunan. Wawancara warga juga mereka lakukan untuk mendapatkan data tentang pola hidup ramah lingkungan yang sudah dijalankan warga secara mandiri ataupun yang diprogramkan oleh RW setempat.

Perjalanan kecil ditutup dengan kunjungan ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara Jalan Pasteur, mereka berbincang dengan para petugas kebersihan seputar volume dan jenis sampah yang ditampun di sana. Informasi menarik lain yang mereka dapatkan adalah tentang tempat pembuangan akhir yang makin penuh, pengguna TPS yang makin banyak, kesulitana yang dihadapi sebagai petugas kebersihan, dan belum terbiasanya warga kota untuk memilah sampah.

01_-_okt_-_perjalanan_kecil_sukajadi

catatan proses: Kak Caroline

 

 

Tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *