[lynx] Makanan Sehat dan Berkebun

“Kalo biji coklat rasanya pahit, kenapa coklat yang biasanya aku makan manis?”. Teman-teman Lynx (SD kelas 4) Semi Palar memulai kegiatan berkebunnya dengan masuk pada pemahaman “Kenapa kita harus berkebun?”

Dalam sesi 2 jam bersama Ibu Yuli dan Pak Dani pada hari Kamis, 8 September 2016, 19 anak yang selama ini sekadar mengetahui bahwa jajanan itu enak, masuk ke dalam pemahaman baru. Mereka mencoba berbagai makanan olahan alam seperti biji coklat, ubi, daun mint, buah apel, serta kue dan minum yang Ibu Yuli tanam dan olah sendiri di rumahnya. Mereka merasakan rasa asli makanan dan minuman dari bahan- bahan alami.

Pengalaman ini membawa mereka pada kesadaran baru. Lalu, bagaimana bisa permen coklat, minuman-minuman dalam botol yang biasa mereka makan rasanya berbeda dan jauh lebih manis? Mereka kemudian diajak untuk mengenali bahan makanan/komposisi dari beberapa produk kemasan. Ternyata banyak nama kandungannya yang tidak dikenali. Makanan-makanan yang dibeli di luar juga tidak bisa kita pastikan pengolahannya, walaupun bahannya telah murni dari alam. Pupuknya bisa saja menggunakan pestisida.

Maka jelas, pilihan paling baik sesungguhnya adalah menanam dan mengolah makanan kita sendiri. Kegiatan ini diakhiri dengan simulasi dan pengantar singkat tentang menanam.

img-20160923-wa0001-1 img-20160923-wa0003-1 img-20160923-wa0000-1

Catatan proses: Kak Arry

Tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *