[okapi] Interviewer Pengelolaan Sampah

10-20 Oktober 2016

Ada tawaran dari salah satu konsultan pengelolaan sampah Kota Bandung kepada KPB Semi Palar untuk menjadi asesor pengumpulan data dengan metode kuesioner. Kesempatan ini muncul berkat kepercayaan yang terbangun dari Ibu Tini – lembaga GSSI kepada teman-teman KPB. Ibu Tini menawarkan kesempatan ini karena anak-anak menunjukkan respon dan performa yang baik ketika berkegiatan bersama lembaga GSSI.

Kuesioner yang diambil sebanyak 43 paket untuk permukiman di Kelurahan Kebon Pisang dan 88 paket untuk ruang publik. Pertanyaan dalam kuesioner seputar latar belakang responden, pengetahuannya akan sampah, perilaku pengelolaan sampah yang dilakukan, akses pengelolaan sampah yang ada di lingkungannya, dan fasilitas pendukung yang dianggap perlu dimiliki Kota Bandung.

Tujuan: Mengalami pekerjaan singkat secara profesional dengan dinamika alamiah dalam lingkungan sekitar yang nyata.  Olahan spesifik,  (1)Tangan: Menampilkan kemampuan berkomunikasi dalam bentuk tanya jawab, bujukan, dan penjelasan. (2)Hati: Mengalami respon alamiah dari aktivitas yang dilakukan, seperti penolakan, pengusiran, terlalu banyak pertanyaan, dijadikan teman berbincang, jadi pendengar kegelisahan sosial, dan melakukan hal yang telah disepakati bersamaan dengan komitmen dan konsekuensinya. (3)Kepala: Menerjemahkan pertanyaan dalam kuesioner ke dalam bahasa sehari-hari tergantung dari responden yang didapatkannya.

 

Catatan proses: Kak Leo

 

 

Tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *