[okapi] Berkunjung ke Bumi Panda

18 Oktober 2016

KPB berkunjung ke Bumi Panda WWF Indonesia di Jalan Geusan Ulun No. 3 Dago, Bandung bertemu dengan Kak Sani dan Kak Dwi. Kak Sani memberikan tur singkat dan penjelasan mengenai Bumi Panda dan aktivitasnya. Kak Dwi menjelaskan mengenai kondisi sungai di Indonesia terkait dengan manfaat bagi kehidupan, akses yang dilakukan, dan kerusakan yang terjadi. Dalam ruangan waterlab, KPB juga menonton video Sungai Untuk Semua dan melihat bakteri yang terdapat di dalam air menggunakan mikroskop elektron. Kegiatan ditutup dengan presentasi dua kelompok K-10 mengenai pembelajaran yang didapatkan dari aktivitas tersebut.

Tujuan: Membuka wawasan mengenai lingkungan dari sudut pandang salah satu organisasi resmi.  Olahan spesifik,  (1)Tangan: Kemampuan pengamatan dan mencerap informasi. (2)Hati: Menumbuhkan kepedulian atas dasar keterhubungan alam, manusia, dan hewan sebagai suatu ekosistem yang saling terkait dan memengaruhi satu sama lain. (3)Kepala: Mengolah informasi yang telah didapatkan dan merangkaikannya ke dalam bentuk presentasi dalam rangka membagikan wawasan kepada orang lain di lingkungannya.

bumi_panda

sungai_di_indonesia_ala_wwf

catatan proses: Kak Leo

 

Tambahan keterangan: WWF- Bumi Panda pada tahun  telah mengembangkan kerjasama dengan KPB (sekarang K-11), dimana KPB menjadi volunteer bagi program mobile panda. Kembali ke Bumi Panda bagi K-11 seperti sedang bersilaturahmi dan “main” ketemu dengan kakak-kakak di sana,  bagi K-10 ini adalah pengalaman baru berkunjung ke komunitas dan mengenal isu lingkungan secara komprehensif melalui informasi yang disajikan di Bumi Panda

Tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *