langkah-langkah setelah Solar Project

 

Seminggu setelah instalasi panel surya selesai dirangkai dan sudah berfungsi, instalasi Panel Surya sudah mulai dimanfaatkan untuk proses belajar bagi kelompok2 belajar lain yang tidak langsung terlibat di proyek tersebut – salah satunya Kelompok Rajawali di bawah ini.

Kelompok Rajawali Penjelajah (SD-3) dalam kelompok-kelompok kecil sedang belajar tentang enerji. Mereka melakukan pengamatan dan mencari tahu bagaimana Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Matahari berjalan.

Hampir di saat yang bersamaan, di minggu pertama April ini, tim Semi Palar Solar Project kumpul lagi untuk membincangkan rencana-rencana ke depan setelah proyek pendahuluan Solar Project ini mendekati ‘selesai’. Disepakati bahwa masih banyak kegiatan lanjutan yang bisa dilakukan. Pada dasarnya Solar Project ini adalah langkah awal sebuah gerakan yang terkait juga dengan Taki-taki TP12 yang kita beri tajuk “Melangkah Menuju Kehidupan Berkesadaran“.

WhatsApp Image 2017-04-06 at 8.44.38 AM

Beberapa hal yang digagas bersama dan akan dikerjakan selanjutnya adalah :

  • Melengkapi instalasi Panel Surya dengan panel informasi dan perangkat monitoring (voltmeter, amperemeter, dll) yang mudah dipelajari.
  • Mengoneksikan perangkat berkebun hidroponik yang sudah dimiliki (dari hibah dana proyek kerja sama Pendidikan Keluarga – PPMPPK di semester lalu) dengan instalasi Panel Surya yang saat ini sudah berfungsi : menjadi integrasi sistem pembangkit enerji terbarukan dan proses belajar menuju kemandirian pangan.
  • Sambil proses ini berjalan, tim ini juga akan melengkapi kelengkapan peralatan Bengkel Teknik Smipa untuk mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini maupun kegiatan eksplorasi di kelas.
  • Proyek lanjutan instalasi Panel Surya di dalam dan di luar Smipa – bersama dengan aktifitas KPB di masyarakat untuk memperkuat gerakan beralih ke enerji terbarukan.
  • Mulai proyek pilah sampah kolektif di Semi Palar – bekerja sama dengan Bank Sampah di Sukamulya.

 

Di bawah ini mindmap interaktif (bisa dizoom, digeser dll) yang kami susun bersama untuk Pengembangan Smipa Solar Project ke depan. Silakan ditilik dan dipelajari. Mudah2an ini jadi ruang belajar bersama yang melibatkan lebih banyak dari kita.


Tentunya kami mengundang rekan-rekan orangtua yang lain untuk berproses bersama untuk proyek-proyek lanjutan. Kami sepakat bahwa forum Kamis Pagi ini akan terus bergulir dan terbuka buat siapapun untuk ikut terlibat belajar dan berproses bersama. Buat yang berminat mari bergabung. Salam Smipa 🙂
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *