catatan penutup TP12

 

WhatsApp Image 2017-06-20 at 7.30.18 PM

Tidak terasa TP12 terlampaui sudah. Waktu memang berjalan cepat dan saat kesibukan mereda, tiba waktunya merefleksikan berbagai titik-titik pengalaman agar tergoreskan dalam batin sebagai hikmah dan bukan sekedar sebagai kenangan dalam memori kita yang serba terbatas ini.

Sore tadi, kami (tim smipa) menutup keseluruhan proses TP12, setelah rangkaian evaluasi, refleksi juga berbagi cerita pengalaman dan hal-hal yang disyukuri setelah segala dinamika perjalanan kami menyelenggarakan pembelajaran bagi anak-anak yang hadir di Semi Palar hari demi hari. Syukuran dan Tutup Tahun ini memang jadi rangkaian kegiatan kami di Semi Palar – setelah di awal semester, seluruh kegiatan diawali dengan kegiatan Selametan. Para kakak dari masing-masing kelompok berbagi cerita dan merangkumkan seluruh proses mereka lewat cerita dan rekaman gambar. Yang terjadi, momen ini memang jadi proses refleksi yang lengkap mulai dari kisah-kisah lucu dari ruang kelas, ungkapan-ungkapan yang membangkitkan perenungan dan titik-titik peristiwa yang membangkitkan rasa haru.

This slideshow requires JavaScript.

Kegiatan ditutup dengan menginformasikan hasil SUDOKU (istilah kami untuk rancangan penempatan formasi Tim Smipa di TP mendatang. Sejak TP yang lalu, Smipa sudah sampai di tahapan menantang untuk semua kakak untuk selalu bergerak dan keluar dari zona nyaman. Seperti kutipan yang tertempel di dinding sebuah kelas ‘There is No Growth in Comfort Zone“. Sesi berbagi ini selalu membangkitkan suasana seru sebelum seluruh rangkaian TP12 ditutup dengan doa, pernyataan iman bahwa Yang Kuasa akan mendampingi kita semua dalam segala proses di tahun mendatang.

Mundur ke hari-hari sebelumnya, rangkaian kegiatan Minggu Babarengan berlangsung. Minggu Babarengan ini ditutup oleh pentas Musik Sore Smipa, momen kebersamaan keluarga besar Semi Palar menutup Tahun Pendidikan TP12 sekaligus melepas teman-teman kelas 6 dan kelas 9. Musik Sore Smipa dikawal penyelenggaraanya oleh OSIS SMP yang baru tahun 2016 ini dibentuk. Pada hari yang sama diselenggarakan Festival Tajil Nusantara. Kegiatan yang juga diwujudkan oleh orangtua Smipa – kali ini dikomandani oleh Nanan (mama Benita).

WhatsApp Image 2017-06-13 at 5.30.05 PM.jpeg

foto : Dyah (bunda Fauzan Kakapo

Buka Bersama ini menghadirkan lebih dari 30 jenis menu makanan yang kemudian dinikmati bersama oleh yang hadir sebelum akhirnya masuk acara perpisahan dengan teman-teman kelas 6 dan kelas 9.

Hari-hari sebelumnya juga tidak kalah sibuknya – mulai dari Gelaran Karya MADYANTARA, FestBuk Smipa dan Sendra Tari Dewi Arum Sari – persembahan Klab Tari Smipa yang kesemuanya menghadirkan keseruan-keseruannya tersendiri.

Segera di Sabtu, keesokan harinya, Semi Palar kembali menggelar kegiatan Pasar Ramadhan 2017, kali ini di bawah koordinasi pak Arief (ayah Kimi) di area parkir Semi Palar.

Walaupun ada keinginan untuk menempatkan satu demi satu liputan kegiatan2 tersebut, waktu masih jadi kendala bagi kami. Mudah2an kami berkesempatan mencatatkan liputan kegiatan2 tersebut yang menggambarkan kebersamaan kita semua di Rumah Belajar Semi Palar.

Setelah jeda sejenak liburan akhir tahun yang bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri, proses belajar akan segera berlanjut di TP13, Tahun Pendidikan 2017 – 2018. Semoga kita semua bisa mewujudkan berbagai keseruan proses belajar yang mudah-mudahan semakin mengutuhkan diri kita semua dalam menyongsong kebahagiaan kehidupan.

Salam Pendidikan, Salam Semi Palar.
Kak Andy, Koordinator Utama.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *