Memasuki TP13 (persiapan pembelajaran)

 

Minus satu minggu dari dimulainya pembelajaran TP13, kakak2 smipa sudah berkumpul dan mulai merencanakan segala sesuatu untuk proses pembelajaran dan berbagai kegiatan lainnya. Sebagai sebuah sekolah kecil yang multi jenjang, dari KB hingga SMP ditambah KPB – yang menganut konsep pendidikan holistik, perencanaan selalu diawali dengan pertemuan pleno, babarengan kumpul untuk membicarakan arah besar kegiatan pendidikan di TP13 ini.

Perencanaan TP (singkatan dari Tahun Pendidikan) ke 13 ini dimulai dengan refleksi singkat proses tahun lalu. Kemudian kita menyaksikan sebuah filem pendek yang jadi stimulan bahan diskusi. Masing-masing dari kita mencatatkan refleksi pribadi kita tentang filem tersebut lalu mulai kumpul per jenjang untuk membahas gagasan-gagasan apa yang muncul dari filem tersebut untuk bisa diterapkan di TP ini. Dari filem dan diskusi inilah benang merah arah dan gerakan pendidikan di TP13 ini dirangkai.

This slideshow requires JavaScript.

Banyak tahapan yang dilalui dari seminggu proses perencanaan ini. Proses yang singkat tapi sangat padat, karena di sinilah Rencana Tahunan, Semester maupun dalam skala tema dipetakan sebagai sebuah rangkaian perjalanan pembelajaran dari bulan Juli 2017 dan berakhir di tahun 2018 nanti.

Semi Palar menempatkan rangkaian proses pembelajaran sebagai sebuah proses literasi. Tema-tema dirancang bersama oleh para kakak ibarat bab demi bab sebuah buku. Anak-anak akan diajak masuk dalam proses belajar dan mudah2an melebur ke dalam sebuah petualangan atau perjalanan. Di dalamnyalah sasaran-sasaran pembelajaran seperti kompetensi akademik, membangun karakter dan menumbuhkan keterampilan dirangkai dan dituliskan dalam rencana pembelajaran.

Kami juga menggali berbagai gagasan kegiatan lintas jenjang agar kolaborasi kegiatan antar jenjang maupun kelompok yang berbeda dapat diselenggarakan. Di tahun ini, kami mencoba format ‘Pasar Gagasan’. Sebuah ruang komunikasi interaksi antar kakak – antar kelompok. Di dalam pasar inilah gagasan saling dikomunikasikan dan dikembangkan lebih lanjut.

This slideshow requires JavaScript.

Di dalam kesempatan ini jugalah para kakak bisa saling melihat dan belajar dari gagasan rekan-rekan lainnya dan dalam proses selanjutnya diharapkan bisa terus mengembangkan gagasan pembelajaran bagi kelompok (kelas) masing-masing. Para kakak juga belajar berkolaborasi, mendengar gagasan teman dan saling mengisi.

Semoga proses ini jadi awalan yang baik untuk guliran proses pembelajaran kakak di sepanjang Tahun Pendidikan yang ke 13 ini.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *