apa itu Rumah Belajar Semi Palar?



Menggunakan nama Rumah Belajar, Semi Palar adalah sebuah sekolah formal seperti sekolah-sekolah lainnya. Di samping. Walaupun demikian ada cukup banyak perbedaan mendasar terkait konsep pendidikan yang diusung. Dalam banyak hal Rumah Belajar Semi Palar adalah tidak seperti sekolah seperti sekolah-sekolah pada umumnya.

Semi Palar tidak menawarkan / menjual jasa pendidikan

Semi Palar membuka ruang kerja sama pendidikan di mana orang tua juga mutlak terlibat dan menjalankan perannya sebagai pendidik putra-putrinya.

Istilah Rumah Belajar menggaris-bawahi bahwa di Semi Palar bukan hanya murid yang terlibat dan belajar tapi juga setiap individu yang terkait di dalamnya – orang tua, juga para guru dan seluruh anggota tim penyelenggara sekolah.

Semi Palar adalah sebuah komunitas, sebuah kolektivitas individu di mana setiap orang di dalamnya saling terhubung dan memiliki peran. Keterhubungan ini (interconnectedness) adalah esensi dari pendidikan holistik yang menjadi konsep dari penyelenggaraan pendidikan anak-anak di sekolah ini. Dan di dalam prosesnya, semua perlu ikut serta belajar. Gambar puzzle di bawah ini mengilustrasikan bagaimana kita masing-masing perlu menemukan tempat kita yang tepat, saling mengaitkan diri dan memunculkan diri kita (berperan) agar bersama kita bisa memunculkan gambar yang kita harapkan…

puzzle pieceXSmall

Perlu menjadi kesadaran bersama bahwa saat ini, kita berada dalam situasi kehidupan yang sebetulnya dilematis. Di saat orang tua serba disibukkan oleh berbagai tuntutan kehidupan dan ekonomi yang semakin tinggi, anak-anak kita justru sangat-sangat membutuhkan dampingan dan kedekatan dengan orang tua. Pilihan terakhir kembali kepada diri kita semua.

Nama Semi Palar diambil dari bahasa Jawa kuno, yang mengandung makna
tumbuh menjadi harapan.

3 Responses to apa itu Rumah Belajar Semi Palar?

  1. Murbadi Yohanes says:

    Betspa indahnya bila pensnggungjawab generasi ini saling sinergi….prinsip dasar apa yang menjadi benang merah terkoneksinya kehsrmonisan semua yang terlibat dan melibatkan diri dlm komunitas ini?

    • admin says:

      Rekan Yohanes, yang sedang dicoba kami pahami dan terapkan adalah prinsip konektivitas – berdasarkan keyakinan bahwa segala sesuatu di alam semesta itu saling terkait dan tak terpisahkan. Apabila berkenan silakan tilik tautan berikut ini Landasan Pemikiran

  2. intan says:

    Sslamat siang. Saya Intan, seorang ibu dari anak remaja laki-laki usia 13 tahun bernama Andika. Dia akan masuk SMP tahun inj. Dapatkah saya mendapat informasi yang detail bagaimana dapat ikut terlibat dalam kegiatan swmi palar untuk SMP? Berapa pembiayaan yang harus disiapkan oleh orang tua?
    Saat ini kami hanya memiliki akses internet melalui warnet dan smartphone. Apakah fasilitas itu dapat memenuhi kebutuhan bila ikut terlibat dalam kegiatan semi palar? Terima kasih.

    Jatihandap, Bandung
    Intan R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *