kontekstual, sederhana, mendalam

Memasuki TP16 – setelah menutup TP15, kita mulai bersama-sama menggulirkan pembelajaran di TP16. Dari proses yang dijalani di TP15, ada tema bersama yang kita akan jadikan pegangan bersama untuk guliran pembelajaran di TP16 ini. Proses yang kita tahu akan bergulir dalam situasi BelajardiRumah setidaknya dalam waktu beberapa bulan ke depan – sambil menunggu situasi kondusif dan memungkinkan untuk pembelajaran tatap muka.

Seperti kita alami bersama, dalam banyak hal roda kehidupan seperti terhenti mendadak karena COVID-19. Banyak dari kita yang menjadi bingung dan galau terdampak situasi ini. Di sisi lain pandemi ini sebetulnya memberi kita kesempatan baik untuk merefleksikan banyak hal. Saat segala sesuatu bergerak serba cepat – semua di sekeliling kita jadi buram (blur), kita tidak bisa menelaah dengan jernih apa yang sebetulnya terjadi dan apa yang perlu kita lakukan. Kita tidak sadar penuh apa yang sebetulnya penting atau hal-hal mana yang tidak penting.

Hal yang sama kita alami di Semi Palar – kami punya waktu jeda untuk melihat segala sesuatu dengan lebih jelas – dan lebih jernih – termasuk merefleksikan perjalanan Semi Palar 15 tahun ke belakang. Dalam kesadaran inilah tema Kontekstual, Sederhana dan Mendalam kita pilih.

Kontekstual

Kontekstual dalam pengertian sederhana adalah hal2 yang terdekat dengan diri kita. Tempat di mana kita berada, bahkan diri kita sendiri. Dalam situasi pandemi ini, rumah adalah konteks terdekat buat proses belajar teman-teman semua. Dengan sendirinya, keluarga juga jadi lingkaran sosial terdekat dalam proses pembelajaran yang berjalan. Apa yang terjadi di rumah dan di lingkaran terdekatnya kita jadikan pembelajaran.

Sederhana

Segala keterbatasan ini harus bisa kita manfaatkan agar pembelajaran bisa bergulir walaupun segala sesuatu tampaknya serba sederhana. Sederhana tidak tinggal sederhana kalau kita bisa mengaitkannya dengan prinsip terakhir : Mendalam.

Mendalam

Dalam situasi ini, kita memang dikondisikan untuk melihat segala sesuatu secara berbeda. Apa yang tampak sederhana bisa jadi sesuatu yang luar biasa saat kita bisa memandangnya secara berbeda. Sebagai contoh, bunga kecil ini saya potret di halaman rumah saya. Tumbuh liar begitu saja – karenanya saya tidak banyak menaruh perhatian. Di masa pandemi saat saya lebih punya waktu di rumah dan menaruh perhatian lebih pada hal-hal kecil yang ada di sekitar, mengamati lebih dekat, lebih sesama membuat kita bisa melihat berbagai hal baru, hal-hal yang bahkan menakjubkan yang mungkin luput dari pengamatan kita selama ini.

Ternyata kalau dipelajari betul, dilihat secara mendalam, bunga punya keajaiban tersendiri di samping beragam keindahan yang sudah biasa kita nikmati. Video di bawah ini bercerita tentang satu rahasia – keajaiban yang tersimpan di Bunga Matahari. Sesuatu yang tersimpan di bawah permukaan dan tidak banyak kita ketahui. Saat kita bisa melihat sesuatu dengan cara yang berbeda – kita bisa belajar banyak hal baru dan memahami segala sesuatu dengan lebih utuh.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.