tentang Biaya Pendidikan

Semi Palar TIDAK MENJUAL jasa pendidikan.
Kami membuka ruang kerja sama pendidikan.


Terkait biaya pendidikan pertama-tama kami ingin menekankan bahwa Rumah Belajar Semi Palar dengan tujuan / mimpi ingin menyelenggarakan pola pendidikan yang holistik dan bukan semata berorientasi pada keuntungan. Di sisi lain, penyelenggaraan kegiatan pendidikan yang bertanggung jawab dan berkualitas tidak bisa dilaksanakan dengan biaya yang murah. Sebagai sekolah swasta, penyelenggaraan pendidikan di Semi Palar sepenuhnya bertumpu pada biaya pendidikan yang dikontribusikan orangtua murid.

Dana yang terakumulasi dari biaya pendidikan yang dibayarkan orangtua diperuntukkan bagi penyediaan fasilitas, penyelenggaraan dan pengembangan kegiatan Rumah Belajar. Termasuk di dalamnya adalah untuk pengembangan lanjut Rumah Belajar, pembinaan guru dan persiapan langkah-langkah kami untuk menyiapkan fasilitas sesuai rencana kami untuk sejauh mungkin merealisasikan jenjang-jenjang pendidikan selanjutnya.

Rumah Belajar ini pada awalnya berdiri atas dukungan para pendukung pendanaan (bukan investor atau pemegang saham) yang memungkinkan sekolah ini ada dan terselenggara. Seluruh kebijakan penyelenggaraan sekolah ini ada di tangan lembaga, sehingga keputusan-keputusan akan diambil berdasarkan pada pertimbangan penyelenggaraan pendidikan yang seideal mungkin, bukan atas tujuan akumulasi keuntungan finansial.

Biaya Pendidikan – mungkin tepat disebut sebagai SPP : Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan – yang perlu dikontribusikan orangtua siswa sebagai peserta didik di Semi Palar terbagi menjadi 3 komponen utama:

  • Uang Pangkal, dibayarkan pada saat anak didaftarkan masuk di sekolah untuk jenjang tertentu.
    Peruntukan utama : Biaya Bangunan dan Fasilitas Pendukung, Biaya Pengembangan Tahunan, Pembinaan Guru dll.
  • Uang Sekolah, dibayarkan per bulan
    Peruntukan : Biaya Operasional Rutin Sekolah, Remunerasi Personel, Pengembangan bulanan, dll.
  • Uang Kegiatan, dibayarkan per tahun
    Peruntukan : Alat dan bahan, keperluan-keperluan kegiatan, biaya outing, konsumsi untuk kegiatan-kegiatan khusus, pembiayaan pertemuan orang tua dll. Pada dasarnya seluruh biaya kegiatan yang dikeluarkan akan diterima kembali oleh anak dan orang tua.

Kalau dipandang biaya pendidikan di Semi Palar relatif tinggi, mungkin komparasi berikut ini bisa membantu menjelaskan. Rasio Guru dan Murid di sekolah (nasional) pada umumnya berkisar antara 1:30 s/d 1:40 (satu guru untuk 30 atau 40 murid di dalam kelas). Di Semi Palar rasio guru dan murid di setiap kelas – di setiap jenjang adalah 2:20 (dua guru untuk dua puluh murid) = 1:10. Dengan demikian beban pembiayaan kami menjadi tiga sampai empat kali lebih besar daripada sekolah-sekolah umum.  Besaran biaya yang muncul dari tahun ke tahun adalah hasil perhitungan lembaga untuk memungkinkan penyelenggaraan pendidikan holistik di Semi Palar dapat berjalan seoptimal mungkin dan masih dalam jangkauan sebagian besar masyarakat pada umumnya.

Sebagai gambaran, besaran biaya pendidikan Rumah Belajar Semi Palar lebih tinggi dari biaya pendidikan sekolah-sekolah konvensional pada umumnya (kelas besar) dan lebih rendah dari biaya pendidikan sekolah-sekolah bilingual, berstandar internasional/franchise yang formatnya kelas kecil.

Penutup :
Mohon dimaklumi bahwa Semi Palar tidak akan merespon permintaan informasi mengenai biaya pendidikan melalui media elektronik. Sebagai bagian dari proses penerimaan, kami sangat berharap orangtua hadir langsung ke Semi Palar – mengikuti Gelar Griya (open house). Dalam kesempatan itu, informasi biaya pendidikan bisa kami sampaikan.

update : 2 Oktober 2015

 

8 Responses to tentang Biaya Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.