17 Agustusan di Smipa

23 Agustus 2022

Pada pagi hari tanggal 18 Agustus, bertepatan dengan masih berbekasnya atmosfer perayaan HUT Kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada sehari sebelumnya, Rumah Belajar Semi Palar mengadakan upacara bendera yang dihadiri oleh teman-teman mulai dari KBTK hingga KPB, serta Kakak-kakak di Ampiteater. Upacara bendera diadakan demi meningkatkan semangat juang dan cinta tanah air, selain itu upacara bendera juga bertujuan untuk membiasakan sikap tertib dan disiplin serta meningkatkan kemampuan memimpin.

Petugas upacara yang diwakili oleh Kelas 5 dan Kelas 9 melaksanakan tugasnya dengan sangat baik. Sekitar 30 petugas upacara bendera yang berseragam hitam-hitam berhasil membuat kelangsungan upacara bendera lancar dan khidmat. Pasukan pengibar bendera Merah Putih melaksanakan tugasnya dengan gagah sehingga Sang Merah Putih mengangkasa diujung tiang yang menjulang sambil diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Patut disanjung kegigihan para petugas upacara atas usahanya dalam berlatih sejak 2 minggu sebelum upacara dilaksanakan.

Semua peserta upacara bendera menggunakan Baju Nusantara. Selain berbatik, peserta upacara juga memakai baju adat seperti baju adat Jawa Tengah, baju adat Sumatera Barat, baju adat Betawi, baju adat Nusa Tenggara Barat, dan masih banyak lagi. Ada pula yang memakai kostum Gatotkaca, lengkap dengan ornamen telinga dan bahu.

Perayaan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia memang wajib untuk dirayakan bagi warga Indonesia. Karena dapat menjadi pengingat bagi seluruh penduduk Indonesia terhadap perjuangan bangsa Indonesia dahulu, dan juga dapat menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme, serta rasa cinta dan bangga terhadap tanah air.

Perlombaan yang melibatkan seluruh kelas juga tentunya diadakan untuk memeriahkan suasana 17 Agustusan. Dipandu oleh teman-teman panitia dari OSIS SMP Semi Palar yang telah mempersiapkan perlombaan dengan matang dan juga Kakak Kelas yang ikut terlibat dalam membantu membimbing panitia.

Lomba 17-an di Smipa terdiri dari balap karung, memasukan pensil ke botol, oper tepung, estafet bola, dan berjalan di dalam hulahup yang berhadiahkan hadiah yang menarik, salah satunya alat tulis. Terlihat antusiasme dari para peserta dalam mengikuti perlombaan-perlombaan, serta terdengar gelak tawa peserta maupun penonton dari seluruh penjuru Rumah Belajar Semi Palar.

Meskipun ada kesulitan, para peserta tidak menyerah dari tantangan yang diberi, dan pada akhirnya mereka dapat memenangkan perlombaan dengan riang. Acara ditutup dengan perlombaan antar panitia OSIS SMP Smipa yang diadakan di Pendopo dan tentunya tidak kalah menarik, bahkan sorakannya yang keras terdengar sampai Bengkel.

Perayaan 17-an di Smipa ini memang baru dilaksanakan lagi semenjak 2 tahun terakhir karena Covid-19, tidak heran jika teman-teman KBTK hingga KPB merasa sangat bersemangat. Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai acara 17 Agustusan di Rumah Belajar Semi Palar. Salam hangat dari kami untuk para pembaca.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.