Informasi Jeda Antar Semester TP17

Pengantar

Rekan-rekan orangtua yang kami hormati, semoga semua dalam keadaan sehat sejahtera dan bahagia.

Hari ini kita semua sudah memasuki Minggu Babarengan – sebagai kegiatan penutup proses pembelajaran kita bersama di Semester Pertama TP17 ini.

Mohon perhatiannya untuk beberapa informasi terkait jadwal dan agenda kegiatan di Semi Palar. Sebelumnya pengumuman ini kami rencanakan untuk dibagikan di minggu lalu. Di awal minggu lalu, muncul beberapa informasi dan arahan terkait edaran Instruksi Kementrian Dalam Negeri RI bahwa jadwal kegiatan akhir tahun di bulan Desember (pembagian rapor dan libur peralihan semester) untuk digeser ke bulan Januari. Setelah kami ikuti perkembangannya Informasi ini sifatnya himbauan.

Semi Palar sudah merencanakan jadwal kegiatan akhir tahun sejak jauh hari. Setelah melalui berbagai pertimbangan, kami sampaikan beberapa informasi sebagai berikut :

Jadwal Kegiatan Akhir Semester 1 dan Awal Semester 2 TP17

  • Pembagian Rapor (dilaksanakan sesuai rencana) dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 17 Desember 2021. Pembagian waktu yang lebih terperinci akan kami informasikan kemudian melalui grup WA kelompok.
  • Senin – Rabu, tanggal 20 – 22 Desember 2021 kakak-kakak Smipa akan melaksanakan Evaluasi Akhir Semester, mengevaluasi kegiatan semester satu termasuk pelaksanaan PTMT di dua bulan terakhir ini.
  • Memasuki hari Natal dan Tahun Baru, kegiatan di Rumah Belajar Semi Palar masuk masa jeda pada tanggal 23 Desember 2021 s/d 5 Januari 2022.
  • Tim Smipa akan mulai berkegiatan pada tanggal 6 Januari 2022 untuk Perencanaan Pembelajaran Semester 2 TP17.
  • Kegiatan Pembelajaran dimulai pada tanggal 12 Januari 2022.

Selain jadwal dan informasi kegiatan, beberapa informasi penting lainnya kami sampaikan.

LIBURAN AKHIR TAHUN

Dengan jadwal yang di atas, Semi Palar melaksanakan jadwal kegiatan sesuai apa yang sudah kami rencanakan – agar proses evaluasi dan perencanaan bagi tim Smipa tetap bisa berjalan sesuai rencana.

Terkait himbauan pemerintah, kami menggaris bawahi arahan Pemerintah melalui Instruksi Kementrian Dalam Negeri dan himbauan lainnya dari Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota, bagi keluarga besar Semi Palar untuk TIDAK BEPERGIAN ke LUAR KOTA. Hal ini sejalan dengan perubahan status PPKM oleh pemerintah pusat. Tujuannya sudah jelas bahwa hal ini adalah untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat terkait hari libur akhir tahun sementara ada potensi peningkatan penularan dengan hadirnya varian baru COVID-19. Kita tahu Indonesia mengalami ledakan COVID setelah liburan Idul Fitri yang lalu dan perlu beberapa bulan sampai situasi bisa kembali lebih kondusif.

Beberapa hari sebelum mulai pembelajaran, kami akan mendata per kelompok siapa saja yang berangkat keluar kota di masa liburan. Sejalan dengan arahan di atas, kami menetapkan bahwa seandainya keluarga besar Semi Palar ada yang melakukan perjalanan ke luar kota agar menyerahkan hasil test Antigen ke sekolah sebelum diperkenankan hadir lagi di Semi Palar untuk keperluan apapun. Hasil test dikirimkan via WhatsApp melalui nomor WA Admin Semi Palar 085 1001 73412. Dimohon dengan sangat kerja samanya untuk supaya PTMT di awal tahun depan bisa tetap dilaksanakan dengan tingkat keyakinan keamanan yang sama – seperti sebelum kita memasuki liburan.

RANGKAIAN KEGIATAN AWAL TAHUN

Sekilas menginformasikan rangkaian kegiatan di awal tahun mendatang :

  • Taki-taki Semester 2. Seperti biasa kami akan menginformasikan berbagai hal yang kami rencanakan sebagai bagian dari proses pembelajaran – sebagai hasil kerja kakak-kakak di Minggu Perencanaan. Termasuk di dalamnya kami akan mencoba merencanakan Program Khusus yang akan diselenggarakan di semester depan.
  • Pertemuan Orangtua Smipa. Biasanya kami menyelenggarakan Pertemuan Orangtua di setiap semester. Dengan berbagai situasinya, Pertemuan Orangtua Smipa semester satu akan kami geser ke sekitar awal – pertengahan bulan Februari. Terkait materinya silakan cermati penjelasan di bawah ini.

Ririungan dan Literasi

Sudah lama Semi Palar menekankan pentingnya Literasi dalam proses pembelajaran. Sejak masa pandemi, dengan situasi PJJ yang tidak bisa dihindari, kami berusaha mengalihkan bentuk-bentuk interaksi yang terpaksa terhenti secara nyata ke ruang virtual Ririungan Semi Palar. Tahun ini di bulan Mei Ririungan Semi Palar berpindah platform dari Ning ke Jamroom.

Bukan hanya itu, di platform baru ini kami menemukan sesuatu yang bisa mewadahi proses literasi dan sudah diujicobakan oleh sebagian kecil dari warga Semi Palar melalui Atomic Essay Smipa. Sebagai pengantar ke bahasan Pertemuan Orangtua Smipa, kami mengundang rekan-rekan semua untuk mendaftarkan diri di Ririungan dan mulai menjadikan konten tulisan di Ririungan sebagai konsumsi bacaan harian rekan-rekan semua. Sejauh ini Atomic Essay sudah mencapai angka lebih dari dua ribu dua ratus tulisan pendek dalam berbagai topik – yang dituliskan oleh beberapa kakak, beberapa rekan orangtua dan anak-anak mulai dari penulis termuda yang sekarang duduk di kelas 4 SD (Nadine). Kami tentunya mengundang semua Warga Smipa untuk bergabung di sana.

Silakan klik/tap di sini untuk mendaftar ke Ririungan Semi Palar

Mudah-mudahan tulisan-tulisan yang ada di sana, yang dibuat oleh kita sendiri, warga Smipa bisa jadi alternatif bacaan untuk lebih mengenal diri kita sendiri sebagai sebuah komunitas. Gagasan, Pemikiran, Angan-angan yang dituangkan oleh penulisnya di sana. Tulisan-tulisan ini juga akan jadi pengantar untuk topik yang akan kita bicarakan bersama di Pertemuan Orangtua Smipa nanti.


Akhir kata, terima kasih atas segala perhatian teman-teman semua. Semoga informasi-informasi di atas bermanfaat. Salam sehat selalu, salam bahagia, salam Smipa. Sampai jumpa.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.