proses pendaftaran

Dalam situasi Pandemi COVID-19 ini, proses pendaftaran murid baru banyak terdampak karena aktivitas di sekolah juga sangat terbatas. Untuk informasi silakan hubungi nomor kantor / admin (telepon / WA) 085 1001 73412.

Terima kasih.

Proses penerimaan murid baru di Rumah Belajar Semi Palar meliputi tahapan-tahapan sebagai berikut :

  1. [Gelar Griya / Open House]
    Di tahap ini orang tua dipersilakan hadir untuk melihat sekilas proses pembelajaran di kelas dan mendengarkan penjelasan mengenai konsep pembelajaran, kegiatan dan hal-hal penting lain yang perlu diketahui orang tua agar menjadi dasar pertimbangkan apakah sekolah ini memang sejalan dengan visi pendidikan orang tua bagi anak-anaknya. Gelar Griya pada umumnya kami jadwalkan rutin dua mingguan setiap hari Kamis, pukul 08.30 – selesai. Jadwal Gelar Griya dimulai sekitar bulan September setiap tahun pendidikan, dan memakan waktu sekitar 90 menit. Setelah mendengarkan paparan konsep, orang tua melakukan Pra Pendaftaran untuk diaturkan jadwal Trial.

    Sangat disarankan bahwa kedua orang tua (ayah dan ibu) hadir untuk mendengarkan pemaparan konsep agar kedua orang tua betul-betul paham dan bersepakat terhadap visi pendidikan dan metode pembelajaran yang akan dihantarkan kepada putra-putrinya di dalam kesehariannya belajar di Semi Palar nanti.

    Untuk jadwal Gelar Griya silakan lihat informasinya melalui tautan ini.
  2. [Trial / Uji coba]
    Program trial ini dirancang untuk memberikan kesempatan bagi murid-murid mengikuti dan merasakan langsung kegiatan pembelajaran di Rumah Belajar Semi Palar. Trial dirancang berlangsung selama 2-3 hari tergantung pada jenjang kelas yang dituju. Jadwal trial akan dijadwalkan sesuai kegiatan kelas.
    Khusus bagi siswa SD atau SMP yang ingin menjajagi kemungkinan pindah sekolah, program trial mencakup Trial Lanjut untuk meyakinkan calon murid yang akan bergabung dapat beradaptasi dengan proses dan metoda pembelajaran di Semi Palar.
  3. [Sosialisasi Program – khusus jenjang SMP dan KPB]
    Mengingat implementasi konsep pembelajaran holistik cukup bervariasi di jenjang SMP dan KPB. Dijadwalkan sesi berbeda untuk Sosialisasi Program SMP. Pada hari Sosialisasi Program ini, selain orangtua, calon murid diharapkan hadir juga untuk mendapatkan gambaran kegiatan pembelajaran agar dapat menjadi bahan perbincangan antara orangtua dan anak tentang kesesuaian pilihan sekolah.
  4. [Dialog / Wawancara Orang Tua]
    Catatan observasi sebagai hasil proses Trial akan dikomunikasikan secara khusus oleh tim guru dan Koordinator Jenjang.
    Selanjutnya kita, pihak orang tua dan pihak sekolah akan duduk bersama untuk betul-betul meyakinkan diri mengenai kesamaan visi keluarga terhadap konsep pendidikan di Semi Palar sebelum menyerah-terimakan Formulir Pendaftaran.
  5. [Formulir Pendaftaran]
    Setelah wawancara / dialog, orang tua bisa mendapatkan formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran di Semi Palar tidak dijual dan hanya diberikan kepada rekan-rekan orang tua telah melalui proses awal pendaftaran, memiliki keselarasan visi pendidikan dengan Rumah Belajar Semi Palar serta berkomitmen untuk pendampingan anak belajar di rumah dan siap bekerja sama – saling mengisi dengan para kakak guru di Semi Palar.
  6. [Konfirmasi Pendaftaran – Penerimaan Murid]
    Murid dinyatakan terdaftar saat formulir pendaftaran dikembalikan kepada pihak sekolah dan orang tua membayarkan biaya konfirmasi pendaftaran. Biaya konfirmasi diperhitungkan sebagai bagian dari biaya pendidikan yang dibayarkan oleh orang tua sesuai jenjang kelas murid.

Catatan Penting : 
Berikut beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian rekan-rekan:

  • Terkecuali jenjang Kelompok Bermain, untuk jenjang TK, SD dan SMP kita akan mendahulukan murid-murid Semi Palar yang sudah terdaftar di jenjang sebelumnya.
  • Prioritas berikutnya akan kami berikan kepada para adik dari murid-murid Semi Palar. Hal ini dilakukan melalui proses konfirmasi pendaftaran yang umumnya kami lakukan di sekitar bulan November.
  • Mengingat kapasitas kelas yang terbatas, sangat mungkin terjadi jumlah peminat akan melampaui jumlah kursi yang tersedia. Penerimaan murid di Semi Palar tidak berdasarkan urutan peminat, tapi akan memperhatikan kesiapan murid (melalui trial) dan keselarasan visi dan komitmen kerja sama orangtua (melalui Gelar Griya dan Obrolan orangtua). Dengan kata lain, Semi Palar tidak menerapkan sistem daftar tunggu (Waiting List).

Selanjutnya, sampai jumpa di Gelar Griya, tentunya kalau kita berjodoh, rekan-rekan akan bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Rumah Belajar Semi Palar – dan bekerja sama memfasilitasi tumbuh kembang anak-anak kita secara utuh. Salam Smipa, salam pendidikan. 🙂

update terakhir 19 Juli 2020

15 Responses to proses pendaftaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.