Vaksinasi Covid-19 | Usia 6-11 Tahun

19 Januari 2022

Petugas Puskesmas dan Dokter yang akan melaksanakan vaksinasi.

Pemerintah Kota Bandung menargetkan 250 ribu anak usia 6-11 tahun untuk melakukan vaksinasi covid-19. Rumah Belajar Semi Palar berkolaborasi dengan Puskesmas Sukagalih untuk mengadakan proses vaksinasi di sekolah terutama bagi siswa yang berusia 6-11 tahun. Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan untuk upaya Kota Bandung membentuk herd immunity dan untuk mencegah covid-19 yang sedang meningkat agar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dapat berjalan dengan baik. Vaksin yang digunakan adalah coronavac atau yang lebih dikenal dengan Sinovac.

Sekitar kurang lebih 46 siswa Rumah Belajar Semi Palar yang telah mendapatkan vaksinasi covid-19 di sekolah. Siswa-siswa ada yang mendapatkan dosis ke-1 dan ada juga yang sudah mendapatkan vaksin dosis ke-1 di tempat lain sehingga tinggal melakukan vaksinasi dosis ke-2 di sekolah.

Sebelum melaksanakan vaksinasi, Dokter dari Puskesmas Sukagalih sebelumnya melakukan sosialisasi terhadap siswa dan orang tua yang hadir. Mulai dari menjelaskan vaksin yang akan dipakai, cara penanganan bila terjadi efek samping dan juga memberi penjelasan agar siswa agar tidak takut di vaksin.

Alur vaksin untuk anak sama dengan vaksinasi dewasa. Pertama melakukan pendaftaran yang bisa didampingi oleh orang tua dan mengisi formulir, selanjutnya melakukan proses skrining untuk memastikan calon penerima vaksin dalam kondisi sehat, lalu melakukan vaksinasi dengan aman dan yang terakhir adalah proses observasi selama 15-30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Alur Vaksinasi

Tim Satgas dari kelurahan, Ibu Lurah bersama staffnya, Satpol PP didampingi Babinsa (Kepolisian) dan Babinkamtibmas (TNI) juga hadir melihat proses vaksinasi sekolah untuk memantau situasi sekolah. Anak-anak pun datang vaksinasi dengan hati yang senang dan berani, namun ada beberapa anak yang perlu dibujuk oleh dokter agar dapat di vaksin.

Vaksinasi hari ini berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan semua siswa Rumah Belajar Semi Palar pun telah mendapatkan dosis ke-1 dan dosis ke-2. Sampai saat ini tidak ada gejala pasca vaksin yang serius serta semuanya tetap sehat bugar.

Vaksinasi ini sebagai bentuk ikhtiar untuk menjaga diri dan juga orang lain yang mungkin tidak bisa mendapatkan vaksin. Sehingga pandemi Covid-19 bisa segera berakhir dan bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Sebagai tindak lanjut, vaksinasi selanjutnya akan dilakukan pada 28 hari setelah vaksinasi dengan agenda vaksinasi dosis ke-1 yang belum dan dosis ke-2.

Semoga kita semua sehat selalu dan selalu dalam lindungan Tuhan.

Tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.