FBO – Jenjang KBTK: “The Beginning of Life”

15 September 2022

Pada minggu ke-2 dalam bulan September ini, tepatnya pada tanggal 14 dan 15, Forum Bicang Orangtua (FBO) kembali diadakan untuk jenjang KB-TK. Antusiasme orangtua untuk mengikuti forum patut diapresiasi, berdasar dari jumlah orangtua yang datang yaitu lebih dari 25 orangtua.

Para orangtua disuguhi materi dari filem yang berjudul The Beginning of Life dari Maria Farinha Films, yang disutradarai oleh Estella Renner. Filem yang menghadirkan berbagai narasumber, dari para ahli sampai anak itu sendiri, untuk berbagi cerita mengenai makna orangtua pada anak ataupun sebaliknya, tentang peran lingkungan dalam tumbuh kembang anak, mengenai bahwa anak adalah seorang pejuang, mengenai bahwa orangtua (Ibu dan Ayah) adalah partner dan berbagai topik lainnya.

Filem diresap dengan khidmat oleh para orangtua, sehingga banyak yang menanggapi dengan antusias. Adapun satu kalimat yang mungkin masih terngiang dalam benak orangtua yang hadir, kata-kata seorang Ayah dari suatu negara, ia berkata bahwa seorang anak tidak peduli terhadap perkerjaan Ayahnya, tidak peduli berapapun uang yang Ayahnya hasilkan, yang anak pedulikan adalah sosok Ayah yang ada dan sedia untuk dirinya.

Forum ini sangat membuka pikiran orangtua dengan ilmu-ilmu baru yang bahkan mereka baru tersadar bahwa ilmu tersebut harus ditekuni. Serta mempersilakan para orangtua untuk bebas berpendapat dan bertukar pikiran mengenai pertumbuhan anak. Berdiskusi dalam kelompok mengenai topik-topik, antara lain:

  1. Kegiatan bermain yang dapat dilakukan di rumah atau di alam,
  2. Membangun empati pada anak, serta
  3. Jumlah kata yang dipahami anak, mengapa penting, dan bagaimana membangunnya.

FBO diakhiri dengan doa penutup dari salah satu Ibu. Semoga informasi FBO kali ini dan juga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Salam hangat.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.