respon situasi pasca bencana & rencana antisipasi

Rekan-rekan orangtua sekalian, mengamati situasi di Indonesia akhir-akhir ini, terkait bencana gempa bumi dan tsunami di Palu – Donggala dan bencana gempa bumi yang sebelumnya menimpa saudara-saudara kita di pulau Lombok, mohon perhatiannya untuk beberapa hal berikut ini.

Pertama-tama tentunya empati dan keprihatinan kita yang mendalam menyertai semua yang jadi korban dan keluarga yang ditinggalkan. Doa kita semua menyertai para korban dan semua yang sedang mengatasi situasi paska bencana di semua lokasi.
🙏🏼🙏🏼🙏🏼

image source : BBC.com

sumber gambar : BBC.com

Di sisi lain, beredar juga berbagai berita / informasi di media sosial bahwa rangkaian bencana yang terjadi bisa jadi merupakan reaksi berantai yang berpotensi merambat juga ke pulau Jawa, lebih spesifik ke daerah Bandung dan sekitarnya. Kita tahu, Bandung berlokasi sangat dekat dengan sesar / patahan Lembang dan sama-sama menyimpan potesi bencana yang besar.

Tentunya kita berharap dan berdoa rangkaian bencana tidak berlanjut – tapi kita tidak pernah bisa menduga apa yang akan terjadi, saat berhadapan dengan kekuatan alam yang tidak pernah bisa diprediksi. Di titik ini kita perlu menyiapkan diri untuk menghadapi situasi ini, waspada dan bersiap diri menghadapi segala sesuatu yang mungkin terjadi.


Di Sekolah

Di lingkungan sekolah, berikut beberapa hal yang kami rencanakan untuk melakukan hal-hal yang bisa dilakukan terkait situasi yang ada saat ini :

Mengundang pakar untuk melakukan asesmen resiko (risk assessment) apabila terjadi gempa bumi di lingkungan Rumah Belajar Semi Palar. Asesmen tersebut diharapkan bisa memetakan potensi2 bahaya dan juga titik2 aman (safe zone) di lingkungan Rumah Belajar Semi Palar)

▪ Mempersiapkan tim smipa untuk tahu apa yang harus dilakukan seandainya masuk dalam situasi menghadapi bencana.

▪ Melakukan simulasi dalam situasi terjadi gempa bumi, tim smipa dan anak-anak tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana, apa yang harus dilakukan segera, titik-titik aman yang harus dituju dan lain sebagainya.

 

Untuk membantu korban bencana – sebagai bentuk kepedulian dan empati, kita akan melakukan beberapa hal yang bisa kita lakukan dari Semi Palar untuk membantu meringankan kesulitan saudara-saudara kita di daerah bencana.

Hal-hal di atas ini akan diagendakan segera mulai di minggu mendatang.


Di Rumah

Di rumah, kami berharap orangtua juga mulai membahas hal ini dengan segenap anggota keluarga dan juga mempersiapkan diri. Menyiapkan tas darurat (emergency bag), dan memastikan bahwa seluruh anggota keluarga tahu di mana titik2 aman di dalam dan luar rumah – sebagai titik yang harus dituju seandainya terjadi bencana – secara spesifik gempa bumi – yang potensinya di Bandung cukup tinggi.

 


Sementara hal-hal ini yang bisa kami sampaikan. Mari kita jalankan aktivitas seperti biasa, sambil kita melakukan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi potensi bencana yang ada. Akhir kata, mari berdoa semoga Tuhan senantiasa menyertai dan melindungi kita semua.

Terima kasih atas segala perhatiannya. 🙏🏼🙏🏼🙏🏼

 

Lampiran Referensi :

Buku Saku Gempa-1

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.