Menjelang TP Mendatang

Rekan-rekan orangtua sekalian, setelah lebih dari setahun kita berada dalam situasi pandemi dan mengalami perubahan drastis dari segala proses yang kita jalani sebelumnya ijinkan kami menyampaikan beberapa hal yang telah berjalan beberapa waktu ke belakang dan prosesnya sedang berjalan saat ini.

Rencana Pembelajaran TP17

Sesuai arahan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Pendidikan Kota, sekolah-sekolah termasuk Semi Palar diminta untuk mempersiapkan diri menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Disebut juga dengan hybrid learning, PTM Terbatas mengombinasikan Pembelajaran Tatap Muka berkala – terjadwal dengan Pembelajaran Jarak Jauh. Hal ini menjadi bentuk Adaptasi Kebiasaan Baru dari sistem pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan di berbagai jenjang. Sama dengan apa yang kami amati di Semi Palar, 1 tahun lebih adalah waktu yang sangat panjang dan dengan sendirinya memunculkan kejenuhan yang tinggi bagi anak-anak. Dari sisi lain, kakak-kakak juga punya banyak keterbatasan untuk bisa terus memotivasi dan memfasilitasi proses pembelajaran Jarak Jauh.

Proses Persiapan PTM Terbatas di Semi Palar

Sejak awal semester ke dua, kami sudah membahas tentang kemungkinan menyelenggarakan PTM terbatas di Semi Palar. Saat itu yang jadi kendala (berdasarkan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri) adalah bahwa sekolah2 tidak diperkenankan menghadirkan siswa di sekolah. Beberapa bulan lalu, SKB 4 menteri itu telah dicabut dan sejalan dengan berjalannya vaksinasi di kalangan pendidik KemDikBud telah mendorong upaya persiapan dan transisi menuju AKB di sekolah-sekolah dengan monitoring dan evaluasi yang ketat di setiap sekolah untuk memastikan berbagai kesiapan sekolah untuk menyelenggarakan PTM terbatas dengan aman.

Sebagai sekolah kecil, Semi Palar punya keuntungan tersendiri – bahwa kita bisa lebih mudah mengelola pembelajaran dengan membatasi jumlah murid, dan memantau berjalannya Protokol Kesehatan. Sekolah kita Semi Palar juga cukup memiliki ruang terbuka dan kelas-kelas yang bisa dikondisikan luas ruangannya dengan aliran udara yang baik. Sejauh ini proses kakak2 berkegiatan di Semi Palar yang juga mengombinasikan kerja offlineonline dan sudah berjalan di sepanjang TP16 ini membuat kami lebih paham dan mampu memetakan titik-titik mana yang perlu jadi perhatian bersama untuk penyelenggaraan PTM Terbatas di sekolah secara aman.

Dua minggu yang lalu, SMP Semi Palar terpilih sebagai kandidat Sekolah Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Kecamatan Sukajadi. Uji Coba PTM ini adalah program kerja dari Dinas Pendidikan Kota Bandung bekerja sama dengan instansi terkait seperti Pemerintah Setempat (Kecamatan), Satgas COVID-19 di wilayah setempat dan Fasilitas Kesehatan setempat (PusKesMas). Tim tersebut telah hadir di Semi Palar dan memantau seluruh kesiapan penyelenggaraan PTM di sekolah – secara khusus di jenjang SMP. Hal-hal yang dipantau oleh Satgas COVID adalah terkait :

  • Fasilitas (Sarana dan Prasarana) dan Protokol Kesehatan yang dijalankan di Semi Palar termasuk di dalamnya vaksinasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di sekolah.
  • Komunikasi dan Publikasi (diseminasi informasi) seputar persiapan menuju PTM terbatas, Hal-hal ini sudah kami lakukan di Semi Palar dalam bentuk berbagai komunikasi dengan orangtua, pemetaan situasi kesehatan keluarga, mengundang narasumber di dalam POT, informasi di website dan lain sebagainya.
  • Program Pembelajaran (ranah kurikulum). Bagaiman PTM terbatas diselenggarakan seperti yang diuji-cobakan melalui program Temu Kakak beberapa waktu lalu. Hal ini mencakup Program Pembelajaran (jadwal dan bentuk kegiatan), Pembagian Kelompok, Interaksi kakak dan anak-anak (fasilitasi pembelajaran Tatap Muka) dan penerapan protokol kesehatan selama proses pembelajaran berlangsung.

Di jenjang lain, kami juga sudah melakukan simulasi kehadiran murid di Semi Palar dari berbagai jenjang melalui program Temu Kakak. Hal ini juga jadi bahan amatan dan evaluasi kami tentang segala kesiapan kami untuk pelaksanaan PTM. Dari kesempatan itu, di sisi anak, kebutuhan untuk interaksi langsung memang jelas terlihat – banyak cerita kami dengar dari orangtua tentang bagaimana anak2 sangat bersemangat untuk bertemu (sebagian) teman-temannya di sekolah.

Situasi Pandemi Saat Ini

Kemarin, 6 Juni 2021, beredar berita di media bahwa Bed Occupancy Rate Rumah Sakit di Bandung sudah mencapai 80%. Seperti diprediksi sebelumnya, akan terjadi lonjakan besar sekitar 2 mingguan paska libur Idul Fitri. Hal ini yang sedang kita saksikan terjadi di banyak lokasi di Indonesia – termasuk juga di Bandung. Di sisi lain kita mulai mendengar terdeteksinya varian baru COVID-19 di Indonesia di beberapa kota di Indonesia. Varian baru COVID ini akan menjadi variabel baru yang menyumbang ke ketidak-pastian situasi pandemi dan berbagai upaya yang sedang dijalankan bersama.

Seperti sudah berjalan sejak awal pandemi, situasi pandemi yang ada di tengah kita selalu menjadi perhatian dan bahan pertimbangan utama bagi kami untuk membuat segala keputusan terkait pembelajaran anak di sekolah. Perkembangan-perkembangan baru di atas ini sangat kami waspadai – terlepas dari segala proses persiapan yang saat ini sedang berjalan. Kami tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan putra-putri kita dan akan sangat berhati-hati untuk mengambil keputusan di tengah situasi yang saat ini masih terus berubah-ubah.

Simpulan

  • Tim Rumah Belajar Semi Palar sedang dalam proses mempersiapkan segala sesuatu menuju PTM Terbatas di Tahun Pendidikan Mendatang.
  • Sebagai sekolah formal di bawah koordinasi Dinas Pendidikan Kota Bandung, Semi Palar akan menyelenggarakan PTM Terbatas setelah mendapat Rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Bandung – berdasarkan Monitoring dan Evaluasi Satgas COVID setempat. Dengan proses yang sedang berjalan, diperkirakan PTM Terbatas baru akan bisa mulai bergulir di sekitar bulan Agustus 2021.
  • Proses Ujicoba di sekolah-sekolah yang ditunjuk sedang berjalan dan secara bertahap rekomendasi pelaksanaan PTM Terbatas akan diberikan kepada sekolah-sekolah yang sudah siap. Untuk kecamatan Sukajadi hanya ada satu SMP yang ditunjuk sebagai sekolah Ujicoba tahap pertama (SMP Bandung International School). Kita harapkan Semi Palar bisa terpilih menjadi Sekolah Ujicoba Tahap Kedua. Sebagai catatan, proses ini diperkirakan bisa berjalan sampai bulan Agustus 2021. Jadi belum bisa dipastikan bahwa Rekomendasi PTM sudah diterima di awal Tahun Pendidikan mendatang (Juli 2021).
  • Pun seandainya rekomendasi sudah kami terima, pelaksanaan PTM Terbatas di Semi Palar akan sangat memperhatikan tingkat resiko yang ada berdasarkan perkembangan situasi pandemi yang ada di masyarakat.
  • Setelah rekomendasi pelaksanaan PTM Terbatas kami terima, kami akan mengomunikasikan kembali bagaimana terkait teknis pelaksanaannya.
  • Keputusan akhir apakah orang tua akan menghadirkan putra-putrinya di dalam kegiatan PTM Terbatas – kembali menjadi keputusan penuh di sisi orangtua.

Penutup

Kami sangat menyadari bahwa bagi beberapa keluarga, penyelenggaraan pembelajaran di TP mendatang menjadi pertimbangan apakah akan melanjutkan proses belajar putra-putrinya di Semi Palar. Semoga informasi di atas ini bisa menjadi masukan dan bahan pertimbangan rekan-rekan orangtua.

Terima kasih atas segala perhatian rekan-rekan semua. Semoga keluarga besar Semi Palar selalu dalam lindungan Tuhan YME, tetap sehat dan bersemangat dalam situasi pandemi ini. Salam Smipa.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.