menggulirkan Klab Smipa

Sabtu pagi ini, di pendopo Smipa ada kumpul2 kecil merespon ajakan untuk menggulirkan Klab Smipa. (Klab : kelompok aktivitas bersama – Semi Palar). Forum kecil yang salah satu tujuannya untuk merespon kebutuhan anak-anak akan aktivitas keluarga yang positif di luar rumah dan sekolah. Dari sebuah penelitian kecil-kecilan di Smipa sangat terasa bahwa anak-anak kita sekarang memang kehilangan ruang dan kesempatan bermain yang dulu kita para orangtua masih miliki. Bersaman dengan itu, pergeseran pola bermain juga terlihat dengan banyaknya anak-anak mengakses media elektronik dan segala konten yang dibawa bersamanya. Terkait juga dengan hal ini, saya sempat diminta menuliskan artikel untuk sebuah publikasi online berjudul Menilik Realita Anak Jaman Sekarang.

Dari gambaran di atas, kesimpulan sederhana bisa diambil bahwa kita perlu upaya-upaya anak lebih jauh agar situasi sekarang ini tidak mengepung mereka (dan kita juga) dalam situasi yang berdampak negatif bagi mereka proses tumbuh kembang mereka.

2013-11-02 09.02.00 Hari ini beberapa orangtua berkumpul untuk menggulirkan apa yang disebut dengan Klab Smipa. Sebuah gagasan di mana orangtua bekerja sama untuk menyelenggarakan kegiatan2 positif berbasis minat masing-masing agar anak-anak terfasilitasi kebutuhan dan dapat mengisi waktu luangnya dengan lebih positif. Kegiatan yang konsisten dan berkesinambungan tentunya akan menginspirasi anak-anak berkegiatan positif di rumah – misalnya dengan memelihara tanaman dalam pot bersama Klab Berkebun atau mencoba resep baru di rumah bersama Klab Masak. Melalui Klab Jurnalistik, anak-anak dapat mengisi waktu luangnya dengan membuat materi mading atau reportase kegiatan klab yang baru saja lewat. Hasilnya dapat disajikan secara offline di Mading di sekolah atau untuk anak-anak yang lebih besar sebagai sajian blog-post di blog mereka pribadi ataupun di blog sekolah.

Dalam kesempatan pagi ini kita juga sangat beruntung bahwa ada dua tamu istimewa yang ikut hadir di pagi ini yaitu kang Aat Soeratin dan kang Hari Pochang. Beliau-beliau ini berkenan memberikan pandangannya tentang bagaimana hal-hal tampaknya kecil tapi sederhana ini sangat penting dilakukan terutama dalam situasi masyarakat yang sangat skeptis saat ini. Situasi di mana setiap individu cenderung pasif, menunggu dan tidak bergerak. Saat masyarakat sudah sangat skeptis, tentunya sulit mengharapkan kemajuan dan perkembangan dari situasi yang terus menerus kita keluhkan dan tidak habisnya kita kritisi. Yang lebih berbahaya adalah apabila anak-anak kita mencontoh sikap kita yang serba skeptis dan pasif ini. Seperti disampaikan kang Aat, kumpul2 kecil berkomunitas seperti yang digagas ini walaupun tampaknya sederhana – seperti masak bersama, bermusik atau bersepeda bersama – menimbulkan denyut dan mencirikan kehidupan. Hal inilah yang penting kita bangun bersama agar anak-anak kita juga ikut bergairah dan bersemangat melangkah menuju masa depan mereka. Lebih lanjut kang Aat menggaris bawahi bagaimana kita bisa menjalin relasi dengan begitu banyak komunitas-komunitas lain yang eksis dan aktif berkegiatan di kota Bandung ini.

2013-11-02 09.36.01

Kang Pochang juga sempat bercerita tentang kiprahnya memulai klab Harmonika, sebuah kelompok ‘pengajian’ – yang kegiatannya mengkaji berbagai hal seputar musik dan alat musik Harmonika. Dari kumpul2 sederhana ini ternyata klabnya telah mengirimkan beberapa anggotanya ikut festival yang bertaraf internasional. Kumpul2 yang sederhana awalnya, nyatanya berujung ke sesuatu yang istimewa. Selain bercerita, kita juga sempat disuguhi tiupan harmonika kang Pochang yang keren banget!

Di antara kesibukan sehari-hari yang melelahkan bagi kita semua, tentunya tidak otomatis menjadi mudah untuk meluangkan waktu ekstra di tengah hari istirahat kita di akhir minggu. Tetapi kalau kita melihat ini menjadi waktu berkualitas (quality time) yang positif tidak hanya bagi anak-anak tapi juga bagi kita semua, tentunya ini jadi sesuatu yang sangat patut diupayakan bersama. Mudah-mudahan klab ini beranjak dan bergerak menjadi sesuatu yang betul-betul bermanfaat bagi kita semua.

Snap 2013-11-04 at 08.24.06

salah satu hasil pertemuan : klab-klab yang digagas beserta para koordinatornya.

catatan penting :
khusus bagi para orangtua yang ingin bergabung di klab silakan menitipkan alamat email kepada salah satu koordinator agar dapat didaftarkan bergabung bersama – berjejaring melalui aplikasi Trello. Pendaftaran klab bisa dilakukan langsung melalui formulir di Kantin atau menghubungi para koordinator. Hatur nuhun. 
 
Tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *