titik-titik perhatian

Dalam menyelenggarakan program pembelajarannya, Semi Palar menempatkan perhatian khusus pada hal-hal sebagai berikut dan terus mengupayakan pengembangan berbagai metode pembelajaran untuk membangun kesadaran di semua pihak mengenai hal-hal berikut ini :

  • Membaca (literasi)
    Membaca adalah kunci utama pembelajaran. Membaca dalam artian luas mencakup juga membaca alam semesta, membaca peristiwa dan membaca pengalaman2 hidup kita. Di dalam bersosialisasi, kita perlu pandai membaca situasi dan membaca perasaan orang lain / berempati. Di dalam konteks ini membaca di Semi Palar memiliki pengertian yang selaras dengan IQRA di dalam agama Islam.
    Dalam konteks yang lebih sempit, membaca buku ternyata membangun kemampuan anak untuk memfokuskan diri, untuk berimajinasi dan membangun narasi. Sastra sebagai salah satu jenis teks memiliki peran penting dalam membangun kepekaan rasa dan imajinasi, karena rangkaian kata-kata di dalam sastra adalah simbolisasi hal-hal yang sebetulnya tidak terdefiniskan dan menuntut pembaca untuk mengolah daya imajinasi. Membaca sastra – khususnya fiksi, ternyata juga sangat penting bagi anak membangun empati dan kepekaan sosial mereka.
  • Estetika membangun etika
    Pengalaman estetika ternyata adalah hal yang sangat penting dalam membangun masyarakat yang beradab. Masyarakat yang beradab dalam pengertian bahwa individu-individunya memiliki kesadaran, kepekaan, moralitas dan etika yang tinggi.
  • Kebudayaan dan Kearifan Lokal
    Pendidikan Holistik – salah satunya berpijak pada prinsip kontektualitas. Anak harus belajar pertama-tama dari lingkungan sekitarnya, sehingga dalam tumbuh kembangnya ia memiliki kesadaran budaya – yang erat hubungannya dengan membangun jati diri anak yang kokoh / ajeg dan tidak mudah terombang-ambing. Kami meyakini, memahami dan menghayati kearifan lokal adalah salah satu kunci keberhasilan masuk ke era globalisasi.
  • Literasi Media
    Mewaspadai dan menyikapi dengan serius dampak2 negatif Media Elektronik di berbagai tahapan usia.
    Klik di sini untuk tautan ke kompilasi referensi online Media Literasi 
  • Kerusakan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan
    Kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari kelestarian alam lingkungannya.

we are nature

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *