pot-smipa 2 | ekspresi sayang orang tua-anak dalam keluarga modern

Pertemuan Orang Tua yang ke dua kita dihadiri oleh kak Marisa Moeliono, konsultan psikologi-nya Semi Palar. Kali ini kak Marisa memfasilitasi orangtua yang hadir untuk berrefleksi tentang apa yang kita lakukan sebagai orang tua dalam menyayangi anak-anak kita dalam konteks keluarga kita sekarang ini (keluarga modern) yang mungkin cukup berbeda dengan apa yang kita alami dulu melalui orang tua kita.

Bentuk kegiatannya seperti workshop, dan (menurut saya) jadinya sangat interaktif karena kita-kita yang hadir diminta untuk mengungkapkan pengalaman kita baik secara pribadi maupun juga dalam kelompok.

Di awal orang tua diajak untuk menyadari bahwa seringkali apa yang kita ekspresikan sebagai rasa sayang kepada anak kita seringkali berbeda dengan ekspektasi (harapan) anak terhadap orang tuanya. Contoh sederhana, saat di akhir minggu kita orang tua menyiapkan diri untuk jalan-jalan bersama anak, anak lebih memilih bermain di rumah.

Setelah itu dalam kelompok kita di ajak untuk berdiskusi untuk menelaah masalah yang kita hadapi dalam mengekspresikan rasa sayang kita kepada anak-anak kita, dengan cara dan dalam porsi yang tepat, juga bersama-sama mencari apa yang bisa kita coba lakukan sebagai solusinya.

Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi teman-teman orang tua yang menyempatkan hadir, semoga pertemuan-pertemuan semacam ini membawa manfaat buat belajar semakin mampu mendidik, menumbuh-kembangkan anak-anak kita. Salam.

catatan : Karena kegiatan ini bentuknya adalah workshop, maka tidak ada makalah yang dibagikan. Notulensi sedang dicoba disusun dan akan dibagikan. Tentunya notulensi ini hanya bisa memberikan secuil gambaran dari apa yang dibicarakan.



Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.