sekilas sajian kelompok akhir semester

 

Mengikuti proses pembelajaran anak di Semi Palar mungkin tidak terlampau mudah. Sekolah pada umumnya belajar dengan berpanduan buku paket atau modul-modul yang sudah disiapkan sebelumnya. Sebelum semester dimulai-pun orangtua sudah bisa tahu apa yang akan dipelajari anak-anaknya melalui buku-buku tersebut. Di Semi Palar hal tersebut tidak mungkin dilakukan karena anak-anak tidak memegang buku paket atau modul apapun. Belajar di Semi Palar adalah sebuah petualangan – sehingga anak-anak di kelaspun tidak dapat menduga apa yang akan terjadi di minggu depan atau di keesokan hari sekalipun. Sejalan dengan prosesnya orangtua mulai dapat mengikuti petualangan apa yang dialami anak hari demi hari.

Bagi kami pun tidak terlampau mudah untuk bercerita kepada orangtua proses apa yang sebetulnya terjadi dalam pembelajaran anak di sekolah. Sebelumnya beberapa kelompok menyiapkan pameran-pameran kecil agar orangtua bisa mengikuti proses yang terjadi. Di akhir semester pertama ini, untuk pertama kalinya seluruh kelompok belajar di Semi Palar berhasil menggelar berbagai bentuk Sajian Akhir Semester. Ada yang menyiapkan pameran karya, ada yang menyiapkan drama, pentas musik, dan lain sebagainya. Kesemuanya disajikan bergantian selama minggu babarengan yang selalu menutup kegiatan pembelajaran di setiap semester. Di minggu ini ruangan2 kelas disiapkan menerima tamu, dan anak-anak bersiap menjelaskan apa dan bagaimana karya2 mereka dibuat kepada para pengunjung pameran.

Salut bagi tim kakak dan anak-anak setiap kelompok yang mampu menyisipkan agenda besar ini di akhir semester yang jadwalnya sudah sangat padat dengan agenda review, persiapan rapotan, kegiatan babarengan dan lain sebagainya. Semoga bisa kita jadikan agenda rutin selanjutnya – agar kita semua bisa saling melihat dan mencoba mengikuti proses pembelajaran holistik yang tidak sekedar seru tapi bermakna dan membangkitkan potensi anak-anak secara utuh di dalam prosesnya dari tema ke tema. Semoga. [aas]

wpid-PhotoGrid_1388981525411.jpg

wpid-PhotoGrid_1388981645782.jpg

Tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.