Belajar di Rumah | Periode 3

Selamat sore rekan-rekan semua, semoga semua sehat dan semangat di rumah…

Mengamati perkembangan situasi sejauh ini di Bandung dan Indonesia, sambil melihat juga bagaimana perkembangan dan penanganan wabah COVID-19 ini di berbagai negara, bersama ini informasikan Belajar di Rumah kita perpanjang – masuk ke periode ke 3, hingga tanggal 24 April 2020.

Untuk itu beberapa tambahan info kami sampaikan di sini.

  • Proses Pembelajaran Jarak Jauh tetap berjalan dengan beberapa penyesuaian seputar bentuk kegiatan, olahan materi juga intensitas pembelajaran di rumah. Memasuki periode ke tiga, dalam situasi seperti ini kami menyadari bahwa sangat penting untuk menjaga semangat dan antusiasme anak-anak untuk terus belajar – juga orangtua yang menjadi pendamping langsung di rumah maupun para kakak yang memfasilitasi dari jarak jauh.
  • SSG dan RTT (Review Tengah Tema) di jenjang SD ditiadakan.
  • Berdasarkan arahan terakhir yang kami terima dari Dinas Pendidikan Kota Bandung, sekolah tidak diperbolehkan menyelenggarakan bentuk-bentuk Ulangan Akhir Semester yang diselenggarakan di sekolah. Dari sini kami mengasumsikan bahwa Dinas Pendidikan juga mengantisipasi Pembelajaran Jarak Jauh akan berlangsung sampai akhir semester ini walaupun secara resmi arahan PJJ dari Dinas Pendidikan baru diperpanjang sampai tanggal 11 April 2020.
  • Review Akhir Semester untuk tiap-tiap jenjang dan kelompok sedang dipersiapkan dengan mengantisipasi kemungkinan dilaksanakan jarak jauh – tentunya dengan segala pertimbangan proses dan teknis yang masih dimungkinkan.
  • Persiapan Proses untuk Asesmen Akhir SD-6 dan K-9 tetap berjalan – seperti kami komunikasikan di posting sebelumnya. Sama seperti Review Akhir Semester, kita semua perlu mengantisipasi bahwa pelaksanaan Asesmen Akhir dilaksanakan jarak jauh.

Seperti apa yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Daerah – termasuk Dinas Pendidikan, keputusan-keputusan diambil berdasarkan perkembangan situasi dan grafik penyebaran / penularan COVID-19 di berbagai daerah di Bandung. Dari berita kemarin, jumlah pasien yang positif COVID-19 di Bandung tercatat bertambah 2 kali lipat.

Dalam kondisi ini kita semua perlu mengantisipasi bahwa situasi ini akan berjalan cukup panjang, walaupun kita semua berharap segala sesuatu bisa kembali normal sesegera mungkin. Sebaliknya kondisi luar biasa ini bisa lebih cepat kita akhiri kalau kita semua berdisiplin dengan segala upaya untuk mencegah penularan virus ini.

Terima kasih atas segala perhatian rekan-rekan. Semoga semua tetap sehat dan dalam lindungan Tuhan – juga tetap semangat menjalani hari-hari di rumah bersama keluarga tercinta. Salam Smipa.


Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.