menuju smipa nirSampah


Berusaha semakin peduli pada kelestarian bumi kita dan alam lingkungan kita sudah kita jadikan komitmen di Rumah Belajar Semi Palar sejak awal. Sejalan dengan waktu ternyata ini adalah salah satu yang paling sulit kita jalankan bersama. Penyebabnya mungkin sederhana, karena namanya sampah, kita tidak ingin lagi direpotkan dengan apa yang dalam pemikiran kita merupakan sisa-sisa kegiatan kita.

Sejalan dengan bertambahnya warga komunitas Rumah Belajar Semi Palar, semakin banyak guru, murid, orangtua, volume sampah Semi Palar kian hari kian banyak. Saat ini dengan mudah kita melihat berplastik-plastik sampah yang terkumpul di samping gerbang sekolah menunggu diambil oleh petugas kebersihan. Solusinya bukan itu, karena sampah kalaupun diambil, sampah tidak bisa berkurang – dia hanya berpindah tempat. Karenanya kita hanya memindahkan masalah kita ke tempat lain, menjadi masalah orang lain di tempat lain. Satu-satunya solusinya adalah dengan mengurangi sampah.

wpid-6e3f86314fc866504084ab17b0051c2a273a71b0.jpg

Di tahun rempah ini, gerakan mengolah sampah ini akan kita dorong lagi bergerak lebih jauh – dan tentunya ini perlu dukungan semua pihak.

Disadari atau tidak, ada pencapaian istimewa di acara Selametan Tahun Rempah ini, saat kita berkumpul di Taman Balai Kota. Seusai acara, memandang ke sekeliling area tempat kita berkegiatan, semua terlihat bersih – bahkan lebih bersih daripada sebelum kita hadir di sana. Ternyata kita bisa berkegiatan tanpa menimbulkan banyak sampah. Apresiasi besar bagi semua yang hadir yang sudah mengupayakan banyak hal agar selama dan seusai kegiatan kita tidak menimbulkan masalah sampah. Konsep ini dikenal sebagai ‘Zero Waste’ – kita istilahkan di Smipa sebagai nirSampah. Menuju NirSampah bukan hal yang mudah, tapi harus kita terus jadikan kesadaran kita bersama dalam setiap kegiatan kita.

Dua video pendek dari The Story of Stuff di bawah ini akan membantu kita memahami kenapa hal ini menjadi sangat penting. 






Di bawah ini mindmap konsep dari gerakan ini. Semoga bermanfaat dan ayo kita bergerak!

Create your own mind maps at MindMeister

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *