dua forum istimewa dalam satu hari

 

image

Hari ini ada dua forum istimewa dalam satu hari. Istilah kerennya two in one 🙂

Kita mulai dari pertemuan pertama yang kita sebut sebagai Kumpul Selop Smipa singkatan dari Kumpul Seluruh Kelompok Semi Palar. Forum bincang2 wakil seluruh kelompok, mulai dari kelompok terkecil – Jahe sampai yang terbesar yaitu Kemangi. Forum semacam ini sudah pernah diselenggarakan sekitar dua tahun silam saat kita menyepakati berlakunya Hari Rumput dan kesepakatan bahwa kita tidak beralas kaki saat menginjak lapangan rumput. Kali ini forum ini diselenggarakan kembali dengan agenda “menuju Smipa nirSampah”.

Semua kelompok menghadirkan wakilnya dan wacanapun digulirkan. Bagaimanapun, walaupun mengaku paling cerdas, manusia adalah satu-satunya spesies yang tidak hentinya menghasilkan sampah. Sesuatu yang harus  – seperti kata teman-teman, “nanti jadinya planet sampah!” Banyak hal yang disepakati dalam pertemuan ini bahwa kita semua ingin mengurangi plastik dan kemasan-kemasan yang tidak diperlukan. Salah satunya kantin smipa sudah menghilangkan salah satu jualan yang sangat menghasilkan sampah yaitu minuman dalam kemasan. Ke depannya kita semua bersepakat untuk membawa wadah sendiri saat akan berbelanja ke kantin. Kita bersepakat juga untuk saling mengingatkan, dan tentunya kak Andy – di akhir pertemuan meminta pertolongan para wakil kelompok untuk menyampaikan kembali apa yang sudah dibicarakan hari ini.

Menarik salah satu penceritaan dari kakak di jenjang SD-kecil :

Seorang teman menyampaikan hasil pertemuan di kelas dengan cara yang sama dengan kak Andy memaparkan tadi. Mengolah topik dengan memancing lewat pertanyaan kepada teman2nya dengan  memaparkan realitas tentang sampah. 😀

Mari kita tunggu hasilnya, apakah kita bisa betul-betul mengurangi sampah (menuju Smipa nirSampah).


 

wpid-c360_2014-09-11-07-44-34-689.jpg

Pertemuan sebelumnya di pagi hari itu tidak kalah pentingnya, berawal dari angan-angan, berbagi mimpi, setelah menjajagi kemungkinan dan mengeksplorasi konsep, hari ini tim kecil rekan-rekan orangtua Smipa yang menjawab tantangan untuk sama-sama turun tangan merealisasikan SMA Smipa berkumpul dengan rekan-rekan kakak Smipa yang sudah terlebih dahulu terjun dan bergiat dalam menggulirkan pembelajaran di jenjang SD dan SMP. Kakak Smipa hari ini diwakili kak Nia, kak Robert, kak Wienny dan kak Taufanny dari tim LingKung. Dari rekan orangtua hadir bu Evi, bu Anne, bu Sarah dan pak Oki. Saya sendiri hadir sebagai moderator.

Dari sudut pandang saya sebagai moderator, pertemuan ini berlangsung sangat baik. Kita menemukan bawa visi dan cita-cita SMA Smipa adalah sesuatu yang sama-sama kita harapkan keterwujudannya. Tapi sebaliknya rekan-rekan kakak LingKung menekankan pentingnya komitmen jangka panjang dan kesiapan tim SMA Smipa ini. Ini adalah bentuk bagaimana kita semua ingin meyakinkan bahwa seandainya ini berjalan, apa yang kita angankan ini berjalan dengan baik seperti harapan kita bersama. 

Saat ini kita ada di titik hendak memulai perjalanan. Sebagaimana sebuah perjalanan panjang ke tujuan yang tidak pernah kita jalani sebelumnya, sebuah petualangan, kita tidak pernah tahu apa yang akan kita temui. Karenanya semangat, antusiasme, komitmen menjadi penting adanya. Semangat harus dijaga, energi harus dikelola, kita tidak boleh tenggelam dalam eforia… Tantangan dan kesulitan akan hadir ‘by default‘. Seperti kalau kita ingin naik gunung, kita tidak boleh mengeluh atas rasa capai, atas kedinginan atau rasa lapar… Tapi nikmatilah perjalanan, pemandangan yang indah, udara yang sejuk, bunga-bungaan yang kita temui – yang biasanya belum pernah kita jumpai.

Merefleksi saat Semi Palar memulai perjalanannya sekitar sepuluh tahun yang lalu, hal itu jugalah yang kami hadapi dan sepanjang perjalanan kami alami dan kami amini… [silakan lihat juga Catatan Penutup Tahun 2012-2013].

Mari kita melangkah!

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *