upacara peringatan 69 tahun Indonesia Merdeka


DSCF6440

Hari ini 18 Agustus 2014 kembali upacara kita gelar di Rumah Beljar Semi Palar memperingati 69 tahun Indonesia Merdeka. Bertugas sebagai petugas upacara adalah kelompok Kemangi (kelas 9) dan kelompok Kapulaga (SD-6). Hadir sebagai peserta upacara semua kelompok mulai dari kelompok Jahe (PG), semua kakak dan sebagian orangtua siswa yang kebetulan hadir.

upacara 180814

Suasana upacara pagi itu sangat khidmat, petugas upacara melaksanakan rangkaian prosesi dengan rapi dan lagu-lagu kebangsaan dinyanyikan bersama dengan khidmat.

Upacara bendera di Semi Palar adalah milik anak-anak. Semua petugas upacara adalah anak-anak mulai dari pemimpin upacara, dirijen, pemimpin barisan… Tidak ada kata sambutan, tidak ada wejangan kepala sekolah, karena upacara bendera adalah untuk Sangsaka Merah Putih. Kita semua berdiri khidmat dalam barisan untuk memusatkan perhatian dan menaruh penghormatan kita kepada bendera Merah Putih. Semi Palar tidak memiliki kelompok Paskibra, karena semua anak berhak dan boleh mendapat kesempatan menjadi petugas upacara dan mengibarkan bendera. Mengambil tanggung jawab ini adalah hak dan kehormatan yang terbuka bagi semua anak.

Pendampingan latihan upacara dilakukan oleh kakak2 kelas sendiri, semua turun tangan, dengan demikian upacara menjadi milik bersama, sesuatu yang penting dan sakral.

DSCF6460

refleksi, apresiasi dan selebrasi sederhana teman-teman petugas upacara…

DSCF6461

teman2 Kemangi & Kapulaga bersama kakak2 pendamping.

Merefleksi pengalaman kita para guru dan orangtua dulu di sekolah, banyak dari  kita yang mengalami bahwa upacara bendera adalah sekadar sebuah rutinitas. Sebuah kegiatan yang berulang dari hari Senin ke hari Senin dan setiap tanggal 17 tahun. Tidak lebih dari itu. Tidak banyak rasa yang bergejolak saat sang Merah Putih berkibar dilatari langit biru… tidak haru, tidak bangga…

Harapannya, hal-hal kecil yang kita lakukan di Semi Palar lebih mampu membangun dan membangkitkan rasa. Semoga ada koneksi yang terbangun antara aku, teman-temanku dengan benderaku Sangsaka Merah Putih, dan tentunya dengan bangsaku dan negaraku.

Tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.