Gambaran Pembelajaran TP16

Pengantar

Kami mohon rekan-rekan orangtua berkenan mencermati apa yang kami sampaikan di sini agar dipahami secara utuh. Posting informasi ini disebutkan gambaran karena secara mendetail – rencana pembelajaran baru akan kami bicarakan dan susun di awal TP16 nanti.

Rekan-rekan semua, keluarga besar Semi Palar. Sejak pertengahan bulan Maret kita semua tinggal di rumah karena pandemi COVID-19. Minggu lalu Semi Palar selesai menutup seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran TP15 di Semi Palar – termasuk juga evaluasi tim Smipa.

Pada tanggal 15 Juni lalu, Pemerintah RI menerbitkan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri untuk Sektor Pendidikan – mencakup Pendidikan Usia Dini hingga Pendidikan Tinggi. Secara lengkap hal-hal yang disampaikan bisa dilihat di bawah ini.

Secara jelas disampaikan bahwa Pembelajaran Tatap Muka hanya boleh dilaksanakan oleh sekolah-sekolah yang berada di Zona Hijau Pandemi COVID-19. Pada saat konferensi pers ini dilakukan, Zona Hijau baru mencakup 6% dari seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini dilakukan terutama atas pertimbangan keamanan dan keselamatan para siswa – yang sempat disebut oleh Jokowi untuk menjaga masa depan bangsa.

Dalam konteks ini kami sangat sependapat dengan pendekatan Kemdikbud yang konservatif – juga karena memperhatikan bahwa seandainya sampai terpapar, dampak kesehatannya cukup serius. Hasil-hasil penelitian tentang COVID-19 dan dampaknya (walaupun setelah pulih) bisa teman-teman lihat dan pelajari sendiri melalui tautan di bawah ini.

Memasuki tahapan yang disebut-sebut New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru, perlu dipahami bersama bahwa hal ini diterapkan pemerintah terutama atas pertimbangan ekonomi – bahwa aktivitas masyarakat perlu mulai berjalan agar masyarakat mulai bisa mendapatkan penghasilan. Hal ini sama sekali tidak berarti bahwa Pandemi COVID-19 sudah berakhir atau teratasi.

Potensi kita tertular dan menularkan tetap tinggi setiap kali kita keluar rumah. Hal ini perlu disadari betul oleh kita semua keluarga besar Semi Palar agar kita tidak menjadi bagian dari rantai penularan COVID-19. Perlu diingat bahwa beberapa hari belakangan ini, jumlah penambahan kasus aktif COVID-19 di Indonesia mencapai angka tertinggi dan sudah menembus lebih dari 1.200 kasus baru per hari. Sementara aktivitas masyarakat perlahan menuju normal – resiko meledaknya jumlah penderita COVID-19 setidaknya di Indonesia masih sangat terbuka. Secara global jumlah penderita COVID-19 masih terus meningkat. Hanya saja mungkin kita semua sudah tidak terlalu menaruh perhatian pada statistik COVID-19 di Indonesia, maupun di seluruh dunia.


Rencana Pembelajaran di TP16

Dalam situasi dan pengaturan ini, tim Smipa akan menyiapkan diri untuk proses pembelajaran jarak jauh di TP16 untuk Semester Pertama (Juli – Desember 2020) dan menyiapkan transisi pembelajaran ke pembelajaran tatap muka di Semester Kedua (Januari – Juli 2021).

Untuk antisipasi kondisi tersebut, berdasarkan pengamatan dan pengalaman 3 bulan BdR, juga masukan dari orangtua, evaluasi proses dan output pembelajaran – beberapa poin rencana pembelajaran di TP-16 kami sampaikan sebagai berikut :

  • Pembelajaran untuk kelompok terkecil yaitu KB (Kelompok Bermain) belum dapat dimulai sampai pembelajaran tatap muka dimungkinkan. Terutama apabila situasi keseluruhan cukup aman / kondusif untuk proses belajar. Kami mohon maaf atas ketidak-nyamanannya. Terkait hal ini kami akan perhitungkan kembali mengenai biaya pendidikan yang sudah dibayarkan.
  • Untuk jenjang TK dan SD Kecil, pembelajaran jarak jauh bisa berjalan dengan beberapa penyesuaian/perbaikan yang akan dilakukan berdasarkan evaluasi pembelajaran yang sempat berjalan selama ini.
  • Jenjang SD Besar, SMP dan KPB proses pembelajaran sejauh ini bisa digulirkan cukup optimal dan akan dilanjutkan dengan berbagai perbaikan.

Apapun situasinya, Rumah Belajar Semi Palar akan mengambil sikap berhati-hati saat kita akan kembali ke pembelajaran Tatap Muka di sekolah. Hal yang dikedepankan oleh Rumah Belajar Semi Palar adalah keamanan (kesehatan) anak-anak kita – dengan memperhitungkan sejauh mana resiko penularan bisa terjadi di Semi Palar walaupun berbagai protokol pencegahan bisa diupayakan.


Jadwal Kegiatan TP16

  • Pembelajaran TP16 akan dimulai pada hari Senin, tanggal 20 Juli 2020.
  • Perencanaan Pembelajaran akan dilakukan oleh kakak-kakak Smipa di dua minggu sebelumnya – dengan konteks Belajar di Rumah selama semester pertama di TP16.

Penutup

Sementara hal-hal tersebut yang bisa kami sampaikan. Informasi lainnya akan kami sampaikan segera setelah siap. Salam sehat semangat untuk keluarga besar Semi Palar.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.