[bewara] mengawali guliran TP16

Memasuki Tahun Pembelajaran TP16 – dalam situasi pandemi COVID-19 yang masih belum teratasi, bersama ini kami sampaikan informasi mengenai kegiatan hari-hari pertama TP16 melengkapi informasi yang kami sampaikan sebelumnya.

Gambaran Umum dan Rencana Pembelajaran TP16

Beberapa Perubahan Pendekatan #BelajardiRumah

Program Pembelajaran sudah disiapkan oleh kakak2 untuk rangkaian pembelajaran dengan menambahkan berbagai perbaikan. Di bawah ini gambaran umum beberapa perubahan yang kami rencanakan dan tentunya akan didiskusikan lebih lanjut dengan rekan-rekan orangtua dalam forum Taki-taki.

Berdasarkan evaluasi juga masukan orangtua yang ditampung melalui kuesioner dan pertemuan penutupan TP15, beberapa perubahan pendekatan pembelajaran kami sampaikan sebagai berikut :

Jenjang TK

Karena kebutuhan interaksi yang cukup besar dan kembali membangun rutin, kakak-kakak akan menyapa teman-teman setiap hari di awal pembelajaran. Seperti pengalaman TP-15, teman-teman usia TK ini masih banyak membutuhkan dampingan keluarga di rumah sehingga proses belajar dan bermain bisa bermakna buat mereka.

Jenjang SD

Selama ini pembelajaran di Jenjang SD Semi Palar tidak banyak menggunakan gawai (laptop atau ponsel pintar). Dalam situasi 6 bulan ke depan pembelajaran akan dilaksanakan jarak jauh, perangkat dan aplikasi digital akan sangat membantu. Media Digital akan jadi bagian integral dari Pembelajaran Jarak Jauh di Smipa dan untuk itu kami perlu dukungan orangtua untuk secara berkala – sejauh dibutuhkan memberikan akses bagi anak-anak untuk berinteraksi melalui aplikasi dan kegiatan belajar yang kami rancang. Pembelajaran akan dilaksanakan mengombinasikan kegiatan berbasis digital dan non digital di rumah dengan tetap bertumpu pada Konsep Pembelajaran Holistik. Dalam setting ini berjalan orangtua dapat meminjamkan gawai kepada anak-anak sehingga kendali akses kepada berbagai konten online (termasuk media sosial dan lainnya) tetap berada di tangan orangtua dan selama belajar juga dalam dampingan kakak.

Jenjang SMP dan KPB

Anak-anak di jenjang SMP dan KPB karena usianya yang sudah lebih besar sudah bisa berproses lebih mandiri dengan gawai dan akses Internetnya. Untuk anak-anak yang baru masuk ke jenjang SMP (K-7) terutama yang baru diberi kepercayaan memiliki gawai tentunya tetap perlu didampingi orangtua – terutama karena dalam situasi Pembelajaran Jarak Jauh, tidak bisa dihindari intensitas pemanfaatan Media Digital cukup tinggi.


Guliran Awal TP16

Senin mendatang akan menjadi titik peralihan untuk anak-anak berpindah ke kelompok baru dan berjumpa kakak yang akan mendampingi proses pembelajaran di TP16 ini. Kami akan (atau sudah) menghubungi orangtua untuk menyampaikan informasi yang lebih terperinci untuk aktivitas di hari pertama nanti. Komunikasi lebih lanjut akan dilakukan melalui grup WA kelompok.

Segera setelah pembelajaran sudah bergulir, kita akan berjumpa dalam forum Taki-taki – untuk membicarakan bagaimana kita bersama akan menggulirkan pembelajaran di TP16 ini. Taki-taki kami jadwalkan per jenjang di dua minggu pertama TP16. Info lebih lanjut juga akan segera disusulkan.


Demikian informasi ini jadi pengantar untuk segala rangkaian kegiatan kita bersama di TP16. Semoga segala sesuatu yang sudah dirancang bisa kita gulirkan dengan baik dengan kerja sama dan dukungan orangtua di rumah. Semoga juga semangat dan optimisme beserta kita semua – dan yang terpenting keluarga besar Semi Palar tetap sehat dan dalam lindungan Tuhan Sang Maha Pemelihara… Salam Smipa.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.