kunjungan tim ATPJ [anak bertanya pakar menjawab]


2 Mei 2014, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Rumah Belajar Semi Palar memperoleh kehormatan dengan berkunjungnya tim pengelola ATPJ (anak bertanya pakar menjawab) – di bawah pimpinan Prof. Hendra Gunawan. Situs ATPJ sejak diresmikan bulan November tahun 2013 telah merespon ratusan pertanyaan anak-anak Indonesia mengenai berbagai hal. Tim ATPJ mengompilasi pertanyaan anak-anak dari berbagai sumber dan mencarikan seorang atau lebih pakar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Hari ini tim ATPJ bersama beberapa tim pendukungnya mampir ke Semi Palar dan berkegiatan sehari penuh, mulai awal hingga akhir hari Jum’at – yang kebetulan juga Hari Pendidikan Nasional. Tim ATPJ hadir bersama komunitas Eureka, komunitas Langit Selatan, rekan-rekan dari CommonRoom dan beberapa rekan lainnya. Hari ini diisi berbagai sesi yang rangkaiannya disusun oleh pak Hendra – mulai dari perkenalan, bincang2 singkat mengenai Hari Pendidikan Nasional, StarLore (dongeng astronomi), tanya jawab tentang fotografi, matematika, juga tentang kalender dan banyak hal lainnya.

Hari ini teman-teman di Smipa juga diajak mencoba meluncurkan Roket Air, mencoba kerjanya teropong lubang jarum, juga mendapatkan demo sains ditambah praktek langsung (workshop membuat Awan dalam Botol dan membuat kacamata 3D). Selepas itu, anak-anak masih berkesempatan mendengarkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan mereka yang dituliskan di sesi terdahulu. Beberapa pertanyaan dipilih oleh tim ATPJ dan dijawab langsung di akhir acara. Sesi jawab pertanyaan ini juga dikemas menarik oleh kak Robi dengan diiringi musik dan nyanyian… Keren…


Terlalu panjang menceritakan apa yang terjadi di sepanjang hari Jum’at lalu. Mudah-mudahan gambar-gambar di bawah ini bisa bercerita lebih banyak, lewat suasana, ekspresi dan rekaman interaksi dan aktivitas yang berlangsung tanpa henti, bahkan hingga nyaris melewatkan waktu istirahat baik bagi anak-anak maupun bagi tim ATPJ yang membawakan kegiatan. Tentunya harapan besar tertanam bahwa anak-anak mengalami bahwa tempat belajar ada di mana-mana, banyak tempat juga untuk bertanya dan mendapatkan jawaban-jawaban berbobot untuk gelembung tanda tanya yang mestinya tidak berhenti bermunculan dari benak mereka yang masih muda dan terus mencari. Hari ini teman-teman di Semi Palar berkenalan dengan banyak ‘guru’ yang membantu menjawab pertanyaan mereka mudah-mudahan menginspirasi bahwa proses belajar tidak akan pernah berhenti. Pengalaman ini mudah-mudahan terekam mendalam di dalam batin mereka dan terbawa sampai mereka dewasa. Walaupun banyak yang sudah bertanya, kapan bapak-ibu dan para kakak ini akan datang kembali mengunjungi mereka :).


atpj1
atpj2 atpj3
Mewakili teman-teman kelompok Sarden (SD-1) hingga kelompok Orca (SD-6) kami menyampaikan apresiasi yang mendalam bagi rekan-rekan ATPJ yang sudah sowan dan dolan bersama teman-teman Smipa. Mudah-mudahan juga banyak sekolah dan anak-anak lain mendapat kesempatan dan kebahagiaan yang sama. Salam Pendidikan.    

Catatan Penutup :

Bertanya adalah salah satu aktivitas mendasar dalam proses belajar anak. Walaupun begitu dalam praktiknya, di dalam kelas-kelas ‘konvensional’ di banyak sekolah di Indonesia – aktivitas bertanya tidak banyak kita temui. Anak-anak yang pintar di mata guru adalah anak-anak yang pandai menjawab pertanyaan guru, bukan anak-anak yang bertanya kepada gurunya. Di kelas, tidak banyak guru yang memberi ruang dan kesempatan untuk murid-murid memunculkan rasa ingin tahunya dan menelurkan banyak pertanyaan yang menggambarkan proses berpikir di dalam benak mereka. Anak-anak yang pandai adalah anak-anak dengan nilai ulangan tinggi. Sebaliknya anak-anak yang banyak bertanya (dan mempertanyakan) banyak hal seringkali mendapat cap negatif dari guru-gurunya.

Entah persisnya apa yang menjadi pendorong dan munculnya gagasan ATPJ ini, tapi rasanya ini adalah cermin dari masih sangat gamangnya penerapan sistem pendidikan anak-anak kita di sistem pendidikan di Indonesia, sehingga masih diperlukan sekali banyak elemen2 pendukung – di luar penyelenggaraan pendidikan di lembaga-lembaga yang ada. Semoga peristiwa kecil di Semi Palar hari ini menjadi bahan refleksi, inspirasi dan juga motivasi bagi banyak pihak yang masih peduli pendidikan anak-anak kita. Salam.

Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *